PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Ditutup Mixed di Comex, Sentimen Ekonomi Jerman Jatuh Melebihi Ekspektasi

Rabu, 15 Oktober 2014

 

Harga emas spot di bursa Comex pada penutupan perdagangan Selasa 14 Oktober 2014 terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Pelemahan harga emas spot Comex dipicu oleh penguatan Dollar Amerika Serikat yang membuat aksi beli relatif lesu.

Sentimen perekonomian global yang mixed pada Selasa lalu terpantau membuat harga emas di pasar spot dan berjangka bergerak ke arah yang berbeda. Data sentimen ekonomi Jerman yang anjlok, cenderung memberi dorongan penguatan pada emas. Namun, nilai Dollar Amerika Serikat yang turut terdorong melejit akibat rilis data tersebut, memberikan sentimen negatif yang relatif cukup kuat untuk melemahkan aksi beli.

Adapun berdasarkan rilis data Selasa lalu, indeks sentimen ekonomi Jerman dilaporkan turun 0,27% ke level -3,6% dari 6,9% dan melebihi ekspektasi di 1%. Sementara data penting lainnya dari perekonomian Eropa justru cenderung memberi sentimen negatif dengan adanya laporan membaiknya inflasi Inggris dari 1,5% ke 1,2%. Dampak dari data-data tersebut yang disertai dengan reboundnya nilai Dollar AS pasca anjlok Senin lalu membuat harga emas bergerak mixed di Comex.

Pada penutupan perdagangan emas spot di bursa Comex, harga emas spot terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas spot Comex ditutup turun 0,27% ke tingkat harga $1.232,3/t oz atau melemah $3,3/t oz.

Sementara pada penutupan perdagangan emas berjangka di bursa Comex, harga emas justru ditutup menguat dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 0,35% ke tingkat harga $1.234,3/t oz atau menguat $4,3/t oz.

Analyst Vibiz Research Center memprediksi harga emas akan cenderung kembali bergerak menguat pada perdagangan hari ini di Comex. Hal tersebut dilandasi oleh ekspektasi akan buruknya data retail sales Amerika Serikat. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.222-$1.240,5 pada emas spot dan $1.225-$1.242,5 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

 

Sumber : Vibiznews

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia