PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Comex Tetap Menguat, Investor Tunggu Data GDP AS

Rabu, 25 Juni 2014

Harga emas pada perdagangan Selasa 24 Juni 2014 di Bursa Comex terpantau ditutup menguat dini hari tadi. Penguatan harga emas di Bursa Comex diduga merupakan dorongan pelemahan perekonomian kawasan Eropa yang diperkuat dengan pelemahan bursa saha\m Eropa pada Selasa lalu.

Fundamental negatif dari rilis beberapa data perekonomian AS yang berada dalam kondisi positif, belum cukup kuat untuk membuat pergerakan harga emas mengalami pelemahan di Bursa Comex. Data new home sales AS yang naik signifikan dari 3,7% pada April ke 18,6% serta consumer confidence yang juga menguat dari 82,2 pada Mei menjadi 85,2 pada Juni belum mampu mengalahkan fundamental positif dari perkembangan kondisi global.

Kondisi global yang terpantau masih buruk, diduga merupakan determinan yang lebih diperhatikan oleh para investor di bursa Comex. Data kawasan Euro yang terpantau melemah seperti data PMI sektor manufaktur serta jasa kawasan Euro yang keduanya melemah menjadi pemicu masih cukup kuatnya minat terhadap investasi terhadap emas di bursa Comex. Selain berdasarkan data tersebut, pergerakan bursa saham Eropa yang turut melemah pada Selasa lalu juga menjadi penguat indikasi pelemahan kawasan Uni Eropa.

Sedangkan dari Asia, faktor fundamental perkembangan konflik Irak juga masih cukup kokoh mempengaruhi pergerakan harga emas di Comex. Prediksi penyelesaian konflik yang masih akan berlangsung lama serta indikasi peningkatan tensi ketegangan pasca kedatangan Menlu AS John Kerry ke Irak diduga akan memicu peningkatan kisruh keamanan global yang dapat mendorong minat terhadap logam mulia emas.

Pada perdagangan Selasa 24 Juni 2014 di Bursa Comex, harga emas spot terpantau ditutup menguat tipis. Harga emas spot Comex ditutup naik 0,05% ke tingkat haga $1.317,9/t oz atau menguat $0,7/t oz.

Sedangkan pada perdagangan emas berjangka, emas berjangka Comex juga ditutup menguat. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014 naik 0,22% ke tingkat harga $1.321,3/t oz atau menguat $2,9/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas berpotensi untuk kembali menguat pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh adanya dorongan fundamental positif dari kondisi global yang dapat meningkatkan harga emas meskipun perekonomian AS terpantau sedang terindikasi positif. Akan tetapi, investor perlu mewaspadai data GDP AS yang akan rilis pada hari ini. GDP AS yang diprediksi melemah, dapat memicu pergerakan cenderung menguat sebelum data tersebut rilis. Namun apabila data tersebut ternyata positif emas berpotensi untuk turun tajam. Terkait pergerakan harga emas pada perdagangan hari ini, range normal emas diprediksi akan bergerak di kisaran $1.307-$1.331 pada spot dan $1.309-$1.333 pada berjangka Agustus 2014.

Sumber : Vibiznews

 

 

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia