PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Berakhir Turun Setelah Penguatan Bursa Wall Street

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo Berjangka, Harga Emas berakhir turun pada akhir perdagangan hari Selasa dinihari (25/20) setelah bursa Wall Street menguat, menahan minat investasi untuk logam mulia.

Harga emas spot turun 0,2 persen pada $ 1,264.20 per ons, sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Desember ditutup turun ke $ 1.263,70 per ons.

Tanda-tanda membaik permintaan fisik di konsumen utama Asia membantu menahan kerugian logam mulia.

Kerugian juga tertahan mundurnya mata uang AS pada Senin, setelah rally terhadap sekeranjang mata uang pada awal perdagangan harapan The Fed akan menaikkan suku bunga tahun ini, dan kesempatan surut dari Donald Trump menjadi presiden AS.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, yang meningkatkan biaya kesempatan memegang emas, sementara dolar AS menguat.

Angka pertumbuhan kuartal ketiga dari Amerika Serikat dan pidato kebijakan Fed pekan ini akan diawasi ketat untuk petunjuk pada kenaikan suku bunga.

Minat investasi di emas menunjukkan tanda-tanda pelunakan pekan lalu. Data AS Commodity Futures Trading Commission menunjukkan pada hedge fund Jumat dan manajer uang memotong posisi net long mereka di COMEX emas untuk minggu ketiga di minggu hingga 18 Oktober

Kepemilikan emas terbesar didunia yang didukung exchange-traded fund, SPDR Gold Shares, melaporkan arus keluar terbesar satu hari sejak April 2013 pada hari Jumat, dari 16,6 ton.

Perak naik 0,7 persen pada $ 17,59 per ons; platinum adalah 0,7 persen lebih tinggi pada $ 935,50 per ons karena dalam sesi sebelumnya menyentuh terendah sejak 29 Februari di $ 921,20.

Palladium, yang mencapai titik terendahnya lebih dari tiga bulan dari $ 613,10 di sesi sebelumnya, naik 0,2 persen pada $ 625,50.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas pada perdagangan selanjutnya berpotensi turun terpicu penguatan Wall Street. Juga perlu dicermati pergerakan dollar AS yang jika menguat akan juga menekan harga emas dan sebaliknya. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,262 -$ 1,260, sedangkan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,266-$ 1,268. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

 

Sumber : Vibiznews