PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Batangan Belum Juga Turun, Rupiah Masih Melemah

Rabu, 18 Juni 2014

Harga emas batangan Antam hingga perdagangan hari ini masih belum bergerak sejak perdagangan akhir pekan lalu sekalipun harga emas global di pasar komoditi internasional sejak awal pekan terus melemah. Kondisi ini disebabkan dikarenakan pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS yang membuat Antam mempertahankan harga jual dan juga buybacknya.

Emas batangan yang diperdagangkan oleh antam ini, di butik emas kawasan Jakarta dan Bandung masih dijual seharga Rp.533.000 per gramnya, demikian juga dengan harga buybacknya dipatok Rp.473.000 per gram. Namun seperti biasanya harga emas batangan di kawasan luar Jakarta selain Bandung harga emas batangannya di patok lebih mahal.

Sebagai catatan untuk pergerakan kurs Rupiah, Antam melihat nilai kurs Rupiah pada penutupan perdagangan sore kemarin (17/6) masih melemah, untuk kurs BI (jual) ada di kisaran Rp. 11922/USD dan kurs BI (beli) sekitar Rp. 11804/USD.

Pergerakan harga emas spot yang sering menjadi acuan Antam untuk menentukan harga jual dan buyback emas batangannya ini sedang mengalami trend penurunan pasca bullishnya kurs dolar AS. Harga emas spot dini hari tadi (18/6) ditutup turun 0,11% ke tingkat harga $1.270,3/t oz demikian juga dengan? emas berjangka COMEX turun khususnya untuk kontrak bulan Agustus 2014 yang turun 0,26% ke tingkat harga $1.272/t oz .

Namun perdagangan emas di pasar Asia mengalami kenaikan khususnya emas berjangka untuk kontrak bulan Agustus di bursa Shanghai setelah dibuka menurun 1,45 RMB ke level 255,05 RMB? namun saat berita ini bergulir harga bergerak menguat di kisaran 255 RMB. Namun emas spot di sesi Asia pagi ini mengalami penurunan terbatas setelah dibuka 1271.55? USD/t oz dan kini bergerak di kisaran 1269.95.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan pergerakan harga emas spot pada perdagangan selanjutnya bergerak terbatas seiring pergerakan kurs dolar AS yang juga konsolidasi setelah semalam menguat terhadap major currencies. Pergerakan emas tersebut dalam kisaran 1268 ? 1270 USD/t oz.

?Sumber : Vibiznews