PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Akhir Pekan Naik Tipis; Mingguan Merosot 1,6 Persen

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga Emas naik tipis pada perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (28/01), setelah pasar saham dan hasil Treasury AS berbalik lebih rendah, tetapi logam mulia berada di jalur untuk penurunan mingguan pertama tahun ini setelah pedagang menguangkan pada reli minggu ini ke tertinggi dua bulan.

Harga emas spot LLG naik 0,13 persen lebih tinggi pada $ 1,190.06 per ons, sementara AS harga emas berjangka untuk pengiriman Februari turun 0,03 persen pada $ 1,189.40 per ons, karena dollar AS naik tipis.

Dolar AS naik 0,2 persen sampai terhadap sekeranjang mata uang, tergantung pada wilayah positif meskipun data menunjukkan pertumbuhan ekonomi AS melambat lebih dari yang diharapkan pada kuartal keempat.

Hal ini membuat emas merosot dari tinggi Selasa dari $ 1,219.59 per ons dan meletakkannya di jalur untuk mengakhiri kemenangan beruntun empat minggu dengan 1,6 persen penurunan mingguan.

Federal Reserve AS dijadwalkan untuk merilis sebuah pernyataan pada hari Rabu setelah pertemuan dua hari.

Analis telah menurunkan harapan untuk harga emas tahun ini setelah lemahnya kinerja kuartal keempat logam, dengan prospek kenaikan suku bunga lebih lanjut AS dari Fed membebani sentimen.

Permintaan emas di India meningkat pekan ini, didorong oleh penurunan harga di luar negeri, meskipun beberapa konsumen yang menunggu dengan harapan bahwa bea masuk akan dipotong dari anggaran pemerintah pekan depan.

Sedangkan harga perak naik 1,69 persen pada $ 17,135 per ons, sementara platinum naik 0,42 persen menjadi $ 985,80.

Paladium naik 2,43 persen menjadi $ 738,50, setelah sebelumnya mencapai terendah sejak 4 Januari di $ 708,97. Logam autocatalyst ini berada di trek untuk kejatuhan 5,8 persen minggu ini, kinerja mingguan termiskin sejak Oktober.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi lemah jika penguatan dollar AS berlanjut. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,188 – $ 1,186, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,192 – $ 1,194. PT Rifan Financindo.

 

 

 

Sumber : Vibiznews