PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Akhir Pekan Naik; Alami Pelemahan Mingguan Keenam Berturut

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga Emas naik pada akhir perdagangan akhir pekan hari Sabtu dinihari (18/12), naik di atas sesi sebelumnya 10,5 bulan, karena dolar AS dan bursa Wall Street merosot.

Harga emas spot LLG naik 0,5 persen pada $ 1,134.11 per ons. Logam ini mencapai $ 1,122.35 pada hari Kamis, terlemah sejak 2 Februari dan turun lebih dari dua persen sejauh minggu ini, meninggalkannya di jalur untuk kerugian mingguan keenam berturut-turut. Pelemahan minggu ini tergerus keputusan The Fed menaikkan suku bunga dan sinyal tiga kenaikan suku bunga pada tahun 2017.

Harga emas berjangka untuk AS pengiriman Februari berakhir di $ 1,137.40 per ons.

Harga emas naik ke posisi tertinggi sesi setelah para pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa kapal perang Tiongkok telah merebut drone bawah air digunakan oleh kapal oseanografi AS di Laut Cina Selatan.

Dolar jatuh dari tertinggi 14-tahun terhadap sekeranjang mata uang yang dicapai pada hari Kamis ketika reposisi pasar untuk bank sentral AS lebih hawkish.

Suku bunga yang lebih tinggi tahun depan bisa mendorong mata uang AS ke tingkat yang lebih tinggi, yang ketika itu naik membuat emas lebih mahal untuk non-AS.

Menyoroti kurangnya minat investor untuk emas secara fisik; kepemilikan SPDR Gold Trust, emas terbesar dunia yang didukung ETF turun lebih dari 10 persen sejak 9 November.

Perak naik 0,8 persen pada $ 16,08 per ons, setelah jatuh lebih dari 5 persen pada Kamis.

Platinum naik 1,3 persen menjadi $ 905,1 setelah turun ke level terendah sejak awal Februari di sesi sebelumnya. Paladium turun 1,2 persen menjadi $ 692,00, di jalur untuk mengakhiri minggu turun lebih dari lima persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak naik dengan melemahnya dollar AS dan bursa Wall Street. Namun perlu dicermati pergerakan dollar AS selanjutnya. Harga emas diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,136-$ 1,138, namun jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,132-$ 1,130. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews