PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Akhir Pekan Mixed; Mingguan Merosot Tertekan Rencana Kebijakan Trump

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Harga Emas mixed pada akhir perdagangan akhir pekan, Sabtu dinihari (11/02).

Harga emas spot LLG naik 0,43 persen menjadi $ 1,233.59 per ons,terpicu aksi bargain hunting setelah sebelumnya jatuh 1 persen.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman April turun 90 sen untuk berakhir di $ 1,235.90. Pada hari Rabu, menyentuh tertinggi sejak 11 November di $ 1,244.67.

Harga emas spot merosot 0,48 persen dan harga emas berjangka AS mundur lebih jauh dari tiga bulan tinggi pada pekan ini, setelah Presiden AS Donald Trump berjanji mengumumkan kebijakan pajak besar yang mendorong dolar dan data ekonomi optimis memicu prospek kenaikan jangka pendek suku bunga AS.

Dolar AS mencapai 10 hari terhadap sekeranjang mata uang pada hari Jumat dan berada di jalur untuk pekan terbaik sejak pertengahan Desember sebagai janji Trump mengumumkan rencana kebijakan pajak utama dalam beberapa minggu ini, menghidupkan kembali sentimen bullish dolar.

Data ekonomi AS juga memicu berbicara bahwa Federal Reserve AS akan terus maju untuk kenaikan suku bunga AS lebih awal. Klaim pengangguran awal turun tak terduga minggu lalu ke level terendah dalam hampir 43 tahun.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, yang meningkatkan biaya kesempatan memegang emas dan meningkatkan dolar.

Pasar fisik yang besar di Asia mixed minggu ini permintaan perhiasan India untuk musim pernikahan sementara kenaikan harga menghalangi pembeli di tempat lain.

Premi atas harga spot di India naik menjadi $ 3 per ons pekan ini dari sekitar $ 2 minggu sebelumnya, yang menunjukkan permintaan optimis. Di Hong Kong dan Singapura, mereka turun tipis ke antara 80.

Perak naik 1,56 persen pada $ 17,92 per ons, sementara paladium naik 1,5 persen menjadi $ 781,65.

Platinum kehilangan 0,39 persen menjadi $ 1.007,85, setelah menyentuh tertinggi sejak 3 Oktober pada hari Kamis di $ 1,008.30.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi bergerak lemah jika penguatan dollar AS terus berlanjut terpicu rencana kebijakan pajak Trump. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,232 – $ 1,230, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 1,236 – $ 1,238. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews