PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Akhir Pekan dan Mingguan Sama-sama Naik 1 Persen; Data NFP AS Mengecewakan

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga emas naik ke level tertinggi enam minggu pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (03/06) merespon data non-farm payroll AS yang mengecewakan yang menurunkan ekspektasi kenaikan suku bunga A.S.

Harga emas spot LLG telah menguat 0,95 persen menjadi $ 1,277.32 per ons, menuju minggu keempat kenaikannya. Peningkatan akhir pekan ini memberikan dorongan kenaikan mingguan harga emas sekitar 1 persen. Kemunduran dollar AS, pelemahan pasar saham Eropa, ketidakpastian politik Eropa juga menjadi sentimen bullish bagi harga emas.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Agustus naik 0,76 persen menjadi $ 1,279.80 per ons.

Data menunjukkan bahwa pertumbuhan pekerjaan A.S. melambat pada bulan Mei dan kenaikan lapangan kerja dalam dua bulan sebelumnya tidak sekuat yang dilaporkan sebelumnya, menunjukkan pasar tenaga kerja kehilangan momentum.

Pemulihan yang lamban di ekonomi terbesar di dunia memperlambat kemungkinan suku bunga yang lebih tinggi yang memberi keuntungan pada bunga non-bunga dan emas yang aman.

Analis mengatakan bahwa melemahnya data non fam payroll AS akan menyebabkan investor menurunkan ekspektasi kenaikan suku bunga tahun ini dan tahun depan, menekan imbal hasil dolar AS dan obligasi A.S. dan mengangkat emas.

Ekspektasi untuk data pekerjaan yang lebih kuat dan data optimis dari aktivitas pabrik A.S. telah mendorong emas ke level terendah satu minggu sebelumnya pada hari Jumat.

Di antara logam mulia lainnya, paladium terakhir terlihat naik 2,04 persen pada $ 840,30.

Perak naik 1,34 persen pada $ 17,49 dan platinum naik 2,77 persen menjadi $ 950,75.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut dan menurunnya ekspektasi kenaikan suku bunga AS bulan Juni. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 1,279 – $ 1,281, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,275 – $ 1,273. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews