PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas 31 Januari Melonjak 1,5 Persen, Membawa Lompatan 5 Persen di Bulan Januari

Rifanfinancindo

 

RifanfinancindoHarga Emas naik mencapai level tertinggi dalam seminggu pada akhir perdagangan Rabu dinihari hari (01/02) setelah dolar AS terpukul oleh komentar Presiden AS Donald Trump pada devaluasi mata uang dengan negara-negara lain.

Harga emas spot melonjak naik 1,55 persen menjadi $ 1,213.43 per ons sementara harga emas berjangka AS naik 1,61 persen menjadi $ 1,215.2 per ons.

Untuk bulan Januari harga emas masih membukukan lonjakan tinggi 5,21 persen, sebagian besar terdukung pelemahan dollar AS dan mundurnya imbal hasil obligasi AS.

Indeks dolar AS turun ke level terendah dalam lebih dari tujuh minggu setelah Trump mengatakan perusahaan obat telah melakukan outsourcing produksi karena devaluasi mata uang dengan negara-negara lain dan penasihat perdagangannya mengatakan Jerman telah menghargai euro terlalu rendah untuk mendapatkan keuntungan kompetitif.

Melemahnya dolar AS mendukung emas, meskipun pedagang juga mengamati pertemuan dua hari Federal Reserve, berharap untuk petunjuk tentang prospek suku bunga AS.

Suku bunga yang lebih tinggi bisa memperkuat mata uang AS, membuat emas dalam mata uang dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya, berpotensi mengurangi permintaan.

Analis mengatakan bahwa pemecatan Sally Yates memberi dorongan bagi emas untuk menembus $ 1.200. Sedangkan analis Commerzbank mengatakan dalam sebuah catatan bahwa emas juga menemukan dukungan dari ekspektasi inflasi zona eropa yang lebih tinggi.

Data dari kantor statistik Eropa pada hari Selasa menunjukkan bahwa inflasi zona eropa melonjak lebih dari yang diharapkan pada bulan Januari, didorong oleh lonjakan harga energi saat percepatan pertumbuhan ekonomi dan pengangguran jatuh ke titik terendah dalam lebih dari tujuh tahun.

Dalam logam mulia lainnya, perak spot naik 2,47 persen menjadi $ 17,575 per ons setelah mencapai tertinggi sejak 11 November di $ 17,61. Perak telah mengungguli emas bulan ini, terutama dibantu oleh keuntungan dalam logam dasar, yang telah mendorong dana untuk mengambil posisi lama perak juga memiliki sifat industri.

Platinum naik 0,44 persen menjadi $ 997,90, sementara paladium naik 1,57 persen pada $ 751,60.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,215 – $ 1,217, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,211 – $ 1,209. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews