PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Foto Penampakan Gerhana Bulan Total ‘Blood Moon’

Foto Penampakan Gerhana Bulan Total 'Blood Moon'

PT. Rifan Financindo Berjangka, MELBOURNE – Gerhana bulan total atau total lunar eclipse terjadi pada 4 April 2015. Penampakan gerhana bulan yang menampilkan warna merah tersebut bisa disaksikan di beberapa wilayah di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan total akan dimulai pada pukul 18.54 WIB hingga puncak Gerhana tersebut akan terjadi pada pukul 19.00 WIB. Fase dari Gerhana Bulan total hingga Gerhana total tersebut berakhir akan berlangsung selama 12,2 menit.

Gerhana Bulan merupakan peristiwa cahaya Matahari terhalang oleh Bumi sehingga tidak semua cahaya sampai ke Bulan. Peristiwa tersebut diakibatkan dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan.

Gerhana bulan total bisa disaksikan dengan jelas bila cuaca mendukung atau tidak dalam kondisi mendung tertutup awan. Tidak hanya Indonesia, Australia juga kebagian penampakan gerhana bulan total, tetapi sebagian wilayah Australia mengalami cuaca buruk.

Dilansir Theguardian, Minggu (5/4/2015), astronom Brenan Dew dari Sydney Observatory mengungkapkan, para penduduk yang tidak bisa menyaksikan gerhana bulan total bisa melihatnya melalui video streaming internet. Dew mengatakan, gerhana bulan ini terjadi selama tiga setengah jam, di mana bulan secara bertahap melewati bayangan Bumi.

“Namun, bagian dengan warna merah darah, sebagaimana mereka menyebutnya, hanya terjadi selama sekira lima menit,” ujarnya. Gerhana bulan total (blood moon) lainnya pernah terjadi selama 90 menit.

Fenomena gerhana bulan berikutnya akan terjadi pada 31 Januari 2018.
(ahl)

 

Sumber : Okezone