PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Fitur-Fitur Android Nougat Yang Mirip iOS (Namun Lebih Baik)

PT. Rifan Financindo Berjangka, Google telah resmi merilis update Android 7.0 Nougat, walaupun untuk sementara update ini cuma bisa diunduh lewat program Android Beta saja, juga terbatas untuk beberapa produk lini Nexus yang rilis akhir-akhir ini. Google telah mengingatkan kalau update ini masih fase beta, jadi masih ada beberapa bug di beberapa titik yang mungkin mengurangi kenyamanan dalam memakainya untuk kebutuhan sehari-hari.

Jika Anda sudah benar-benar penasaran tentang sejauh mana peningkatan yang dihadirkan di Android Nougat namun belum yakin untuk mengunduhnya, simak beberapa fitur unggulannya yang bakal bersaing ketat dengan iOS berikut ini.

1) Seperti yang sudah sering dibahas sebelumnya, fitur terdepan dari Android Nougat adalah kemampuan multitasking leway fitur multi-window yang memungkinkan Anda menjalankan 2 aplikasi sekaligus, baik ketika di ponsel maupun tablet. Untuk menjalankannya, cukup tekan tombol ‘Recent Apps’ selama beberapa detik ketika Anda sedang membuka sebuah aplikasi, lalu pilih aplikasi lain yang ingin Anda buka. Apple memang sudah memiliki fitur serupa di iOS 9, namun kemampuan tersebut cuma bisa dijalankan di iPad saja, sementara iPhone belum bisa.


Samsung dan LG juga sudah memiliki kemampuan serupa selama beberapa tahun, jadi kehadirannya bukan sebuah hal yang mengagetkan. Yang jelas, fitur ini tampaknya bakal memaksimalkan trend layar berukuran besar di Android.

2) Keunggulan lain yang bisa dinikmati oleh pengguna ponsel berlayar besar lewat Android Nougat adalah kemampuan untuk mengatur ukuran layar lewat opsi ‘Display Size.’ Opsi ini bisa diakses lewat Settings > Accessibility, dan memungkinkan Anda untuk memperkecil atau memperbesar tampilan muka dari apa yang tampak di layar. Mirip seperti di komputer, jika Anda memilih untuk memperkecil tampilan, maka layar bakal menyuguhkan lebih banyak informasi. iOS memiliki kemampuan serupa bernama Display Zoom untuk iPhone terbaru, namun fitur tersebut tak memungkinkan pengguna mengurangi tampilan di layar.

Namun perlu dicatat bahwa kemampuan ini tak berlaku untuk berbagai elemen tampilan antarmuka dari tiap aplikasi; fitur ini cuma berlaku untuk software dari Google sendiri dan dirancang untuk memungkinkan pengguna menyertakan sebanyak mungkin aplikasi di homescreen. Hebatnya, Nougat bakal langsung menjalankan perubahan secara instan, sementara iOS mengharuskan pengguan untuk reboot dulu untuk melihat perubahan.

3) Tiap kali Anda menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, Anda bisa menyentuh tombol Recent Apps 2x untuk langsung beralih ke 2 aplikasi terakhir yang Anda jalankan. Kemampuan ini sedikit lebih cepat ketimbang di iOS, dimana pengguna harus menyentuh tombol home 2x lalu memilih aplikasi yang berjalan.

4) Lebih lanjut lagi, update Android Nougat bakal menghadirkan kendali yang lebih besar untuk menu Quick Settings. Anda bisa memanfaatkan tombol ‘Edit’ untuk menata posisi dari berbagai opsi seperti WiFi, Location, dll sesuai keinginan. Kemampuan ini sudah ada di Android sejak lama, namun yang bisa memakainya cuma para developer yang memanfaatkan fitur System UI Tuner.

Dengan kemampuan ini, Anda bisa memilih opsi pengaturan apa saja yang tampil di panel notifikasi. Developer aplikasi juga bisa menciptakan shortcut sendiri, walaupun seberapa besar dukungan yang dihadirkan masih belum diketahui.

5) Tiap opsi yang ada di dalam aplikasi Settings bakal dilengkapi dengan informasi singkat. Sekalipun bukan sebuah fitur yang wah, namun kehadirannya bisa menghemat energi Anda untuk membuka masing-masing opsi jika cuma untuk sekedar mengetahui berapa sisa memori kosong yang ada di ponsel.

6) Slide-out menu untuk mempercepat navigasi pada seluruh opsi.

7) Dukungan untuk platform virtual reality Daydream. Sekalipun masih belum benar-benar hadir, namun dukungan ini nantinya bakal menentukan standar konten VR di Android. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 
Sumber : Gopego