PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Fed Tetap Mempertahankan Tingkat suku Bunga, Emas Rally Karena Persepsi Yang Dovish

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Meskipun mendapatkan lebih banyak tekanan dari Presiden AS Donald Trump untuk memangkas tingkat bunga, Federal Reserve mengumumkan bahwa mereka tetap mempertahankan tingkat bunga “benchmark” tidak berubah setelah pertemuan kebijakan moneter selama dua hari.

Ini adalah keputusan yang telah diperkirakan secara luas, dengan para investor sebagian besar fokus terhadap setiap petunjuk mengenai kemungkinan pemangkasan tingkat suku bunga pada bulan Juli. Sebelum keputusan berlangsung, pasar memperhitungkan dalam harga probabilita the Fed akan tetap mempertahankan tingkat bunga sekarang ini sebanyak 74% dan probabilita pemangkasan tingkat bunga pada bulan Juli adalah sebanyak 63.8%, menurut CME FedWatch Tool.

The Fed mengumumkan untuk tetap mempertahankan tingkat suku bunga pada rentang 2.25% – 2.50%, dengan 9-1  Federal Open Market Committee mengambil suara untuk mempertahankan tingkat suku bunga tidak berubah.

Segera sesudah pernyataan ini dirilis emas melompat dan Emas berjangka Comex bulan Agustus terakhir diperdagangkan pada $1,357.30, naik 0.52% pada hari itu.

Pernyataan dari the Fed mengatakan,”Konsisten dengan mandat dari undang-undang, Komite berusaha mencari stabilitas harga dan employment yang paling maksimum. Untuk mendukung tujuan ini, komite memutuskan untuk tetap mempertahankan rentang target tingkat bunga bank sentral pada 2 ¼ – 2 ½ persen. Komite terus memandang aktifitas ekonomi sedang ekspansi berkelanjutan, kondisi pasar tenaga kerja kuat, dan inflasi dekat dengan obyektif 2% sebagai hasil yang paling mungkin terjadi, namun ketidakpastian mengenai outlook telah meningkat.”

Hal kunci dari keputusan ini adalah proyeksi “dot-plot”, ekspektasi inflasi yang lebih rendah, proyeksi GDP dan the Fed menghapuskan perkataan “sabar” dari gudang senjatanya ketika merujuk kepada pergerakan kebijakan pada masa yang akan datang.

“Dot plot” yang baru menunjukkan tidak ada perubahan pada tahun 2019 dan akan ada pemangkasan sebesar 25 basis poin pada tahun 2020.

The Fed mengurangi proyeksi inflasi pada tahun ini dari 1.8% menjadi 1.5% sementara menyatakan bahwa ukuran inti juga akan tetap dibawah target bank sentral sebesar 2%.

Pernyataan the Fed tetap mempertahankan proyeksi GDP untuk tahun 2019 tidak berubah pada 2.1% dan merevisi perkiraan untuk 2020 menjadi 2%.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid pada $1,362.20 setelah melewati $1,358.50. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,323.60 setelah melewati $1,344.80 dan $1,336.60. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews