PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Emas Turun Setelah “Jobless Claim” AS Turun

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Emas melemah ke sekitar $1,291.00 setelah data dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan bahwa klaim pengangguran AS turun 3000 menjadi 213.000 dalam satu minggu yang berakhir pada hari Sabtu minggu lalu.

Sebelumnya harga emas dan perak juga telah turun sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Kamis kemarin. Metal berharga telah diperdagangkan sideways selama beberapa sesi sebelumnya, menunggu fundamental baru memercik untuk menyetir arah pasar emas. Sementara itu naiknya minat terhadap resiko dari para investor dan trader telah membatasi minat beli terhadap emas “safe-haven” namun postur grafik secara tehnikal jangka pendek yang “bullish” juga telah membatasi minat jual.

Emas berjangka bulan Februari terakhir diperdagangkan turun $1.50 per ons pada $1,292.50. Perak Comex bulan Maret turun $0.083 pada $15,555 per ons.

Pasar saham Asia dan Eropa kebanyakan turun semalam. Para trader dan investor sekarang meragukan laporan minggu ini bahwa pembicaraan perdagangan AS dan Cina kemungkinan tidak berjalan sebaik seperti yang telah dipikirkan oleh banyak orang pada minggu lalu. Menambah kesuraman adalah laporan bahwa jaksa penuntut federal AS akan mengajukan dakwaan kriminal atas pencurian intelektual properti terhadap perusahaan tehnologi Cina Huawei. Penutupan operasi pemerintah AS bisa juga mempengaruhi saham-saham AS secara negatif. Bertambahnya ketidak pastian dari data ekonomi AS yang baru dan terbatas adalah dasar yang negatif bagi banyak pasar dan mungkin juga bagi beberapa perusahaan besar.

Secara tehnikal, penurunan harga emas lebih lanjut akan berhadapan dengan “support” terdekat pada $1,286.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,280.20. Sebaliknya apabila naik lagi maka akan berhadapan dengan “resistance” terdekat pada $1,296 yang apabila tertembus akan lanjut ke batas psikologis di $1,300.00 . Rifan Financindo.

 

 

sumber : Viiznews