PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Emas Turun Dari Ketinggian 5 Minggu Ditengah Rebound USD

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga emas turun dari ketinggian 5 minggu pada awal perdagangan sesi AS hari Rabu kemarin.

Emas berjangka bulan Februari terakhir turun $3.70 per ons pada $1,242.90. Perak Comex bulan Maret turun $0.075 pada $14.565 per ons.

Pasar saham dunia kebanyakan turun semalam, setelah aksi jual yang besar di indeks saham AS pada hari Selasa. Eforia awal dari investor dan trader atas gencatan senjata pertikaian perdagangan antara AS dan Cina selama 90 hari dengan cepat lenyap.

Dolar AS mengalami “rebound” dan muncul sebagai salah satu faktor kunci yang memicu suatu aksi jual yang baru atas komoditi yang berdenominasikan dolar AS, meskipun kombinasi dari faktor-faktor lainnya membantu membatasi dari kerugian yang lebih dalam.

Sentimen “risk-off” yang mendominasi pasar, khususnya setelah kejatuhan lebih dari 3% atas saham-saham AS, dianggap sebagai suatu dukungan terhadap metal yang berstatuskan “safe-haven” ini.

Ditambah lagi, spekulasi akan berhentinya siklus kenaikan tingkat bunga the Fed pada tahun 2019, yang ditekan lagi dengan penurunan yang berkelanjutan di dalam imbal hasil obligasi treasury AS lebih jauh berkoloborasi membatasi setiap penurunan tajam dari metal kuning yang tidak memberikan imbal hasil secara langsung ini.

Karenanya, perlu berhati-hati untuk menunggu suatu gerakan jual yang kuat, ditengah absennya berita ekonomi yang relevan yang menggerakkan pasar, sebelum diteguhkan bahwa emas bisa jagi telah mencapai puncaknya secara jangka pendek.

Setiap kejatuhan dari harga emas berlkutnya akan menemukan “support” pada level $1230, dibawah ini koreksi penurunan bisa berlanjut kearah “support horizontal” di $1225. Sebaliknya, area $1239 sekarang kelihatannya bisa bertindak sebagai “resistance” terdekat, dimana jika tertembus akan mengangkat harga komoditas “safe-haven” ini lebih jauh ke ketinggian bulanan pada bulan Oktober disekitar $1244. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews

Leave a Reply