PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Emas Spot Turun Terhadap Major Currencies

Selasa, 17 Juni 2014

Harga emas spot pada dini hari ini ( 17 Juni )nampak melemah melemah dan harga pembukaan berada pada 1278.23 USD/oz t di awal perdagangan (00.00 GMT). Emas telah turun sekitar -5.90 USD/oz t atau sekitar -0.46 % dan pada saat berita ini diturunkan nilai bergulir terpantau berada pada kisaran 1272.33 USD/oz t.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa minat terhadap aset safe haven ini agak turun merespon laporan positif dari National Association of Home Builders (NAHB). Lembaga tersebut mengumumkan bahwa indikator NAHB Housing Market Index mengalami kenaikan ke angka 49 dari 45. Lebih baik dari estimasi ekonom yaitu 47.

Terhadap Poundsterling pada perdagangan XAUGBP, emas spot juga nampak turun sekitar ? 0.43% dan terpantau berada di kisaran 749.25 GBP/t oz. Terhadap Euro pada perdagangan XAUEUR, emas spot juga nampak turun sekitar ? 0.45% dan terpantau berada di kisaran 937.10 EUR /t oz.

Sementara itu Department of the Treasury menyampaikan kepada publik bahwa terjadi defisit pada arus modal jangka panjang yang masuk ke dalam ekonomi Amerika Serikat.

Perkembangan itu ditunjukkan dengan penurunan pada indikator fundamental ekonomi TIC Long-Term Purchases yang melemah ke angka -24.2B dari nilai periode lalu yaitu 4.1B. Laporan negatif tersebut menunjukkan kinerja yang lebih rendah dari harapan sejumlah ekonom, yang memperkirakan akan dapat naik ke angka 41.3B.

Sumber : Vibiznews

Indra Yudistira/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
Pic : wikipedia.org