PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Emas Naik Yang Bukan Disebabkan Karena Melemahnya Dolar AS

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Untuk pertama kalinya sementara emas naik dengan tajam dan memperoleh keuntungan yang tidak berdasarkan pada kelemahan dolar AS. Selama beberapa bulan terakhir, mayoritas dari hari-hari trading berisi perubahan bersih dari emas adalah hasil langsung dari menguatnyan atau melemahnya emas.

Pada hari Sabtu minggu lalu jam 02:10 pagi WIB emas berjangka kontrak berjangka yang paling aktif bulan April diperdagangkan naik $10.90 (+0.84%) dan berhenti $1,324.20. Mempertimbangkan indeks dolar AS pada saat itu turun hanya sedikit, hanya 0.1%, menjadi jelas bahwa sebagian besar dari keuntungan emas pada hari Jumat minggu lalu disebabkan oleh para trader yang menawarkan pembelian emas dengan harga yang terus dinaikkan.

Begitu juga dengan emas spot yang naik $8.90 dan berhenti pada $1,321.20 yang adalah keuntungan bersih sebesar 0.68% pada hari itu. Menurut Kitco Gold Index (KGX) hanya $1.30 keuntungan pada hari itu disebabkan oleh kelemahan dolar AS, dengan sisa keuntungan sebesar $7.60 secara langsung disebabkan oleh para pembeli dan sentiment pasar yang “bullish”.

Selain itu, sentimen yang baru dan disambut dengan pasar, keuntungan pada hari Jumat di metal berharga terjadi bersamaan dengan pasar saham yang mengalami keuntungan yang besar pada hari itu juga. Dow Jones Industrial mengalami keuntungan rata-rata diatas 443 poin pada hari itu dengan ditutup pada 25,883.25. Itu adalah keuntungan bersih sebesar 1.74% pada hari itu. NASDAQ mengalami keuntungan 6/10 persen dan ditutup 7471.75.

Keuntungan kuat ini yang disaksikan di dalam saham dan metal berharga AS adalah hasil langsung dari sentimen pasar yang didasarkan pada negosiasi perdagangan antara Amerika Serikat dengan Cina yang dilaporkan sedang membuat kemajuan dan mendekati kepada resolusi yang disukai. Sementara berita ini hanya memberikan pengaruh yang  minor terhadap dolar AS, hal ini memberikan pengaruh yang kuat pad saham AS dan pada tingkat yang lebih rendah, pengaruh yang kuat pada metal berharga.

Secara tehnikal, kenaikan harga emas berikutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1326 dan selanjutnya $1328 dan $1332. Sebaliknya penurunan harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1310 dan selanjutnya level psikologis $1300 yang apabila tertembus akan berhadapan dengan “resistance” terakhir di $1293. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews