PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Emas Melemah Setelah Keluarnya Data Penjualan Ritel AS

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga emas turun sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Selasa kemarin, setelah muncul tanda-tanda lebih jauh ekonomi AS yang kuat. Setelah Consumer Price Index dan Producer Price Index dan sekarang Penjualan ritel AS.

Penjualan ritel AS bulan Juni kelihatan sangat kuat dengan penjualan eceran inti dari “control group” meningkat 0.7% MoM, sementara konsensus memperkirakan hanya 0.3%. Hal ini mendorong indeks dolar AS naik secara solid pada hari itu dan pada gilirannya memberikan tekanan turun atas pasar emas.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir turun $2.90 per ons pada $1,410.20. Harga perak Comex bulan Septermber terakhir naik $0.045 pada $15.41.

Harga emas mendapatkan dukungan naik sebentar ketika ada berita dari pidato Powell yang kebanyakan berisi hal yang sama dengan yang telah didengar dari para pembicara Federal Reserve yang “dovish” sebelumnya. Namun meskipun demikan kenaikan harga tertolak oleh penurunan karena membaiknya kondisi geopolitik dan munculnya data Industrial Production dan Penjualan Eceran dari Cina yang naik secara mengejutkan. Industrial Production meningkat 6.3% YoY dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 5.0%, sementara Penjualan Ritel meningkat 7.5% dibandingkan dengan sebelumnya sebesar 6.4%.

Saham-saham Asia dan Eropa bercampur semalam. Indeks saham AS mengarah bercampur pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai dan berada pada rekor ketinggiannya. Sebegitu jauh pada minggu ini tidak ada perkembangan berita utama yang menggerakkan pasar dengan signifikan. Dengan demikian terjadi kembali perdagangan musim panas yang ogah-ogahan. Namun, data ekonomi AS pada hari yang sibuk bisa membangunkan kemalasan musim panas ini.

Hal kunci diluar pasar emas kemarin adalah harga minyak mentah Nymex yang menguat dan diperdagangkan pas dibawah $60.00 per barel. Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,442.90 setelah lebih dahulu melewati $1,421.60 dan kemudian $1,425.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,384.70 setelah lebih dahulu melewati $1,411.20 dan kemudian $1,400.00. PT Rifan Financindo.

 

Sumber : Vibiznews