PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Emas Mantap Menjelang Pemungutan Suara “No Confidence” Inggris

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Emas mantap pada hari Rabu kemarin, didukung oleh sedikit penurunan pada dolar AS sementara kenaikan dibatasi oleh sedikit pemulihan di pasar saham, dengan kehati-hatian muncul menjelang pemungutan suara “no-confidence” atas pemerintahan Perdana Menteri Theresa May.

Emas spot tidak berubah di $1,289.01 per ons pada 18:01 WIB, sementara emas berjangka AS sedikit berubah berada pada $1,288.80 per ons.

Emas kelihatannya menemukan rintangan pada $1,300, kata analis Commerzbank Carsten Fritsch, menambahkan bahwa permintaan fisik untuk koin emas meningkat di Inggris, dibantu oleh ketidak pastian mengenai Brexit.

Pasar saham telah pulih kembali dan penghitungan pemasukan harga emas karena kenaikan tingkat bunga dari Federal Reseve telahhampir berakhir. Ketidak pastian politik tetap ada, namun kelihatannya tidak cukup untuk mendorong emas naik melewati $1,300.

Pasar saham stabil setelah volatilitas yang kuat pada akhir tahun 2018, mendapatkan ketenangan dari berlanjutnya pembicaraan perdagangan AS-Cina. Oposisi Inggris, pemimpin partai Buruh Jeremy Corbyn meminta untuk diadakannya pemungutan suara “no-confidence” di dalam pemerintahan May untuk diadakan pada pukul 02:00 WIB, setelah kesepakatan Brexit dikalahkan oleh parlemen pada hari Selasa. Tanggal yang ditetapkan untuk keberangkatan Inggris dari Uni Eropa adalah tanggal 29 Maret, tetapi “deadline” tersebut mendekat dengan cepat, sehingga pasar mengantisipasikan kemungkinan perpanjangan waktu.

Meningkatnya kemungkinan dari Brexit yang kacau dan perpanjangan dari sebagian penutupan operasi pemerintah AS telah menolong emas tertopang dengan baik dekat ketinggian yang lebih dari enam bulan di $1,298.42 yang tersentuh pada tanggal 4 Januari.

Pasar yang bertaruh bahwa Federal Reserve AS akan memperlambat kenaikan tingkat bunga, juga membuat daya tarik metal berharga tetap baru.

Emas, namun, tidak terpengaruh besar dengan perkembangan Brexit sejauh ini, kata analis Natixis Bernard Dahdah. “Kita harus menunggu dan melihat apakah akan terjadi Brexit yang kacau atau tidak.”

Apabila naik, emas akan berhadapan dengan “resistance” pertama di $1,293 yang apabila terlewati akan berhadapan dengan “resistance” selanjutnya di $1,298.05 dan $1,301.36. Apabila turun, emas akan bertemu dengan “support” terdekat pada $1,285.76 yang apabila terlewati akan bertemu dengan “support” terdekat di $1,285.76 yang apabila terlampaui akan bertemu dengan “support” selanjutnya pada $1,282.45 dan $1,277.96. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews