PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Emas Lanjut Trend Bearish Hari Ke-6, Sentuh Harga Terendah 4 Bulan

Selasa, 3 Juni 2014

Harga emas di Bursa COMEX terpantau kembali ditutup melemah pada perdagangan 2 Juni 2014 melanjutkan trend bearish dalam 6 hari beruntun. Pelemahan harga emas dipicu oleh tumbuhnya prospek perekonomian AS dan Tiongkok serta posisi tunggu rilis kebijakan ECB.

Kondisi global yang terpantau kondusif, kembali berimbas pada harga emas yang terus tertekan melemah hingga enam hari terakhir. Posisi emas sebagai aset investasi safe haven, tidak berdaya menghadapi pergerakan Bursa Wall Street yang terus membuat rekor penutupan tertinggi dalam beberapa hari terakhir serta pertumbuhan sektor manufaktur Tiongkok yang sedang mengalami pemercepatan pertumbuhan.

Dari Bursa Wall Street, terpantau indeks-indeks AS kembali mengakhiri pergerakan hariannya di zona hijau. Khususnya untuk indeks Dow Jones dan S&P 500, pergerakan harian kedua indeks kembali diakhiri dengan rekor penutupan tertinggi baru. Terus menguatnya bursa index AS, membuat emas kembali tidak dapat menemukan fondasi untuk bergerak ke zona hijau sehingga emas masih terus melanjutkan trend bearish dalam beberapa hari terakhir.

Sedangkan dari Eropa, kebijakan ECB yang akan rilis turut memperburuk prospek pergerakan harga emas COMEX. Walaupun hingga saat ini belum rilis, diduga ECB akan melakukan upaya tindakan moneter untuk meningkatkan pertumbuhan di wilayah Eropa.

Pada perdagangan Senin 2 Juni 2014 di Bursa COMEX, harga emas terpantau kembali ditutup melemah. Harga emas COMEX spot ditutup melemah 0,54% ke tingkat harga $1.243/t oz atau turun $6,71/t oz.

Sedangkan untuk pergerakan harga emas berjangka COMEX, terpantau pada perdagangan 2 Juni 2014 yang baru saja ditutup juga diakhiri dengan pelemahan. Harga emas berjangka COMEX untuk kontrak paling laris Agustus 2014 turun 0,19% ke tingkat harga $1.243,6/t oz atau melemah $2,4/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas masih akan melanjutkan trend pelemahan pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh kondisi pasar global yang masih berada dalam kondisi kondusif. Diperkirakan pada hari ini emas spot COMEX akan bergerak di kisaran $1250-$1235. Sedangkan untuk emas berjangka kontrak Agustus 2014 pada hari ini diperkirakan akan bergerak di kisaran 1255-1235.

Sumber : Vibiznews

 

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Pixabay