PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Emas Konsolidasi Pasca FOMC Naik Ke Ketinggian Beberapa Bulan Di Sekitar $1320.

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Emas melanjutkan konsolidasinya, naik pada hari Kamis, berada pada ketinggian beberapa bulan setelah Federal Reserve menghentikan siklus pengetatan moneter sehingga menggencet dolar AS dan menaruh emas bullion pada jalur kenaikan selama empat bulan berturut-turut. Metal berharga membangun jalur kenaikannya belakangan ini dan melanjutkan momentum kenaikannya lebih jauh melewati batas psikologis setelah Federal Reserve di dalam update kebijakan moneternya yang pertama pada tahun ini mengatakan bahwa mereka akan bersabar di dalam menaikkan tingkat bunga pada tahun ini.

Emas berjangka bulan Februari terakhir naik $12.40 per ons pada $1,322.30. Perak Comex bulan Maret terakhir naik $0.188 pada $16.115 per ons.

Para trader dan investor masih menggali hasil dari pertemuan Federal Reserve’s Open Committee (FOMC) yang berakhir pada hari Rabu sore. Pernyataan FOMC tidak berisi perubahan di dalam kebijakan moneter namun para anggota FOMC berkata mereka sekarang akan bersabar mengenai kenaikan tingkat bunga disebabkan karena tekanan inflasi yang tidak bergerak dan sebagian keprihatinan mengenai pertumbuhan ekonomi global. Pernyataan dari FOMC tersebut juga menunjukkan bahwa the Fed tidak akan tergesa-gesa untuk melanjutkan pengurangan dari neraca sekuritas AS. Gubernur Fed Jerome Powell mengatakan pada konferensi persnya bahwa “hal mengenai menaikkan tingkat bunga AS telah agak melemah.” Sementara diperkirakan tidak ada perubahan di dalam kebijakan moneter, pernyataan FOMC dianggap sepenuhnya “dovish” atas kebijakan moneter AS. Akibatnya pasar saham AS mengalami rally dengan tajam. Indeks dolar AS habis terjual dan harga emas juga naik tinggi.

Para pejabat perdagangan yang berlevel tinggi dari AS dan Cina sedang mengadakan pertemuan di Washington D.C yang diskedulkan untuk berakhir pada hari Kamis kemarin.  Tidak ada konsensus samasekali mengenai adanya kemajuan yang bisa atau tidak bisa dibuat pada pembicaraan minggu ini. Pasar akan bereaksi terhadap setiap pengumuman yang signifikan yang keluar dari pertemuan tersebut.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan dari harga emas berikutnya adalah menembus keatas “resistance” yang solid pada $1,333.00 setelah melewati “resistance” terdekat pada $1,323.40 dan lalu $1,330.00. Sebaliknya, obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” tehnikal yang solid kebawah $1,300.00 setelah melewati “support” terdekat pada $1,316.70 dan $1,310.00. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Liputan 6