PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Eksportir Kembali Angkat Nikkei

Kamis, 25 September 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang hari Kamis pagi ini kembali terjadi kenaikan yang cukup baik (25/9). Kenaikan bursa saham Asia terjadi setelah pada akhir perdagangan di Wall Street dini hari tadi indeks-indeks benchmark alami kenaikan signifikan di tengah harapan akan stimulus monter yang lebih besar di Eropa dan Tiongkok.

Bursa saham Jepang rebound dari level paling rendah dalam satu minggu yang dicapai pada perdagangan hari Rabu kemarin. Saham-saham eksportir kembali mengalami kenaikan didukung oleh pelemahan yen.

Saham yang mengalami kenaikan terbesar pagi ini antara lain adalah perusahaan ecommerce Rakuten yang menguat 2 persen. Produsen robot Fanuc juga terpantau mengalami peningkatan sebesar 2 persen pagi ini.

Saham Panasonic tampak mengalami kenaikan lebih dari 1 persen. Menguatnya saham eksportir elektronik ini terjadi di tengah berkembangnya kabar bahwa perusahaan akan membeli 50 persen saham di perusahaan Ficosa asal Spanyol.

Hari ini indeks spot Nikkei melanjutkan kenaikan setelah kemarin sempat terpukul. Indeks Nikkei menguat 140.70 poin atau setara dengan 0.9 persen dan berada di level 16308.15 poin.

Indeks berjangka Nikkei pagi ini dibuka pada posisi 16245 poin. Indeks berjangka naik 20 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan terbatas. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 16150 ? 16350 poin.

 

Sumber : Vibiznews?

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia