PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Data Pekerjaan AS Membaik, Bursa Asia Menambah Keuntungan

Jelang Rilis Data Ekonomi China, Bursa Asia Menghijau

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Tokyo – Saham-saham di kawasan Asia Pasifik (Bursa Asia) menguat pada hari Jumat ini dipicu akan optimisme pelaku pasar akan membaiknya perekonomian di Amerika Serikat (AS) karena data pekerjaan yang juga membaik. Sedangkan euro terus tertekan hingga mencapai level terendah dalam sembilan tahun terakhir.

Mengutip Reuters, Jumat (9/1/2015), Indeks Nikkei 225 Jepang nai 0,8 persen dan Indeks AXJO Australia menambah 0,9 persen.

Laporan pekerjaan AS, diperkirakan menunjukkan bahwa non-farm payrolls meningkat 240.000 pada bulan Desember lalu. hal tersebut menunjukkan selama 11 bulan berturut-turut data tersebut menorehkan angka yang positif.

“Dengan kekhawatiran ekonomi di China yang melambat dan risiko dari Yunani masih ada, membaiknya data perekonomian Amerika ini memberikan sedikit harapan bagi pelaku pasar,” jelas Analis IG Securities, Tokyo, Jepang, Junichi Ishkawa.

Euro diperdagangkan di level US$ 1,1792 per euro, terus berada di titik terendah dalam sembilan tahun ini. Banyak yang berharap Bank Sentrak Euro terus memberikan stimulus untuk mengembalikan perekonomi di kawasan Eropa. (Gdn)

 

Sumber : Liputan 6