PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Data China Bikin Bursa Asia Jatuh

Bursa Saham Asia

PT. Rifan Financindo Berjangka, Saham-saham di kawasan Asia (Bursa Asia) tenggelam dengan indeks acuan regional jatuh ke level terendah dalam enam minggu terakhir. Salah satu penyebabnya adalah keprihatinan akan pertumbuhan ekonomi China.

Mengutip Bloomberg, Rabu (10/12/2014), Indeks MSCI Asia Pasifik turun 1,1 persen pada pukul 0,9.57 waktu Tokyo, Jepang. Indeks Topix Jepang dan Indesk S&P/ASX 200 Australia jutun lebih dari 1,1 persen.

Pelaku pasar sedang menunggu laporan inflasi dan harga produsen China setelah negara tersebut memperketat persyaratan pinjaman jangka pendek.

Kawasan Asia memang sedang menjadi fokus perhatian dari para pelaku pasar karena laju pertumbuhan ekonomi di kawasan asia terus melambat dengan laju pertumbuhan paling lemah sejak tahun 1990.

“Sepertinya beberapa investor mengubah beberapa alokasi aset mereka. Kita akan melihat beberapa gerakan ekstrim dari investor dalam beberapa hari atau mungkin minggu ke depan,” tutur Analis Pengana Capital Ltd, Tim Schroeders.

Dalam survei yang dibuat oleh Bloomberg, sebagian besar analis ifnlasi diperkirakan akan berada di level 1,6 persen pada November tahun ini dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan harga produsen akan turun 2,4 persen. (Gdn)

 

Sumber : Liputan 6