PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

CHIP, Komputer Mungil Seharga Rp 100 Ribuan Pertama di Dunia

PT. Rifan financindo Berjangka, Beberapa tahun yang lalu, Raspberry Pi sukses membuat kejutan dengan mengumumkan sebuah modul komputer mungil seharga Rp 500 ribuan. Sekalipun spesifikasinya cuma mampu menjalankan Windows XP, namun kehadiran Raspberry Pi dirasa cocok untuk memperkenalkan dunia komputer bagi para pelajar dengan dana yang sangat minim.

Namun melihat pesatnya perkembangan teknologi yang ada saat ini, sebuah startup baru asal California yaitu Next Thing berupaya untuk menciptakan sebuah komputer yang lebih kecil daripada Raspberry Pi, juga lebih murah. Komputer mini ini dijuluki sebagai CHIP dan saat ini telah diajukan di Kickstarter sejak beberapa waktu lalu; dari target penggalangan dana sebesar $50 ribu atau sekitar Rp 650 juta, startup tersebut telah sukses mendapatkan dukungan dana mencapai $1,7 juta atau sekitar Rp 22,4 miliar, dan mereka masih menyisakan waktu selama 12 hari lagi!

Dengan dukungan dapur pacu prosesor 1GHz, 512MB RAM dan memori internal 4GB, spesifikasi CHIP bisa dibilang mirip seperti sebuah ponsel Android di bawah Rp 1 jutaan. Hebatnya, CHIP dibanderol hanya sebesar $9 atau sekitar Rp 110 ribu saja; jumlah tersebut jelas sangat terjangkau bagi berbagai pihak bukan?


CHIP diklaim sebagai komputer $9 pertama di dunia, dan bakal beroperasi dengan mengandalkan OS Linux. Untuk memfungsikannya sebagai sebuah komputer, pengguna cukup menghubungkannya dengan berbagai macam layar; tak peduli baru atau lama, dan tidak harus sebuah monitor komputer, sebuah keyboard dan sebuah mouse.

CHIP bakal menggunakan interface yang mirip seperti kebanyakan komputer, lengkap dengan WiFi dan Bluetooth serta sebuah pre-installed browser untuk keperluan browsing internet. CHIP juga memiliki MIDI interface untuk memungkinkan pengguna memainkan koleksi musik ketika dihubungkan dengan speaker.

Selain paket termurah yaitu CHIP seharga $9, Next Thing juga menawarkan paket seharga $49 yang meliputi sebuah layar sentuh 4,3 inci, keyboard QWERTY, serta baterai dengan daya tahan sampai 5 jam. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, langsung saja kunjungi halaman penggalangan dana-nya di Kickstarter!

 

Sumber : Gopego