PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Cara Tepat Bersihkan Rantai Motor

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Jakarta – Rantai motor?berfungsi penting sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang. Kondisinya yang terbuka seringkali menyebabkan rantai motor penuh kotoran.

Kotoran yang menempel tidak bisa dianggap sepele, karena lama kelamaan bisa merusak rantai. Kinerja rantai yang kurang maksimal berpengaruh terhadap performa motor secara keseluruhan.

Untuk itu, rantai sepeda motor wajib bersih dan senantiasa terlumasi. Tidak sulit untuk melakukan perawatan rantai motor?karena bisa Anda kerjakan sendiri di rumah.

Dilansir Motorcycle, langkah pertama membersihkan rantai yaitu dengan menyemprotkan penetran ke seluruh bagian rantai. Cairan ini berfungsi melunturkan sisa pelumas berikut kotoran yang menempel. Bila sulit mencari penetran, Anda bisa memanfaatkan minyak tanah atau solar untuk melunturkan kotoran.

Setelah itu, bersihkan rantai dengan cara disikat. Anda dapat memanfaatkan sikat gigi bekas atau kuas kecil untuk merontokkan kotoran yang menempel.

Usai dibersihkan dari kotoran yang menempel, langkah berikutnya yang dilakukan yaitu melumasi dengan pelumas khusus rantai sepeda motor. Sebelum dilumasi, keringkan dulu rantai dengan cara dikendarai dalam jarak dekat. Bila rantai telah kering, semprotkan dengan pelumas rantai secara merata.

 

 

Sumber : Liputan 6