PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Seoul Anjlok; Bursa Jepang Liburan

Senin, 13 Oktober 2014

Pada perdagangan hari Senin pagi ini bursa saham Korea Selatan tampak cenderung mengalami penurunan yang tajam (13/10). Indeks Kospi ambles ke level paling rendah sejak bulan Maret untuk dua sesi berturut-turut. Anjloknya bursa saham Korea Selatan tersebut disebabkan oleh turunnya saham-saham afiliasi Samsung.

Bursa-bursa saham di kawasan Asia hari ini tampak mengalami penurunan. Pada akhir perdagangan di bursa Wall Street akhir pekan lalu terjadi penurunan tajam yang disebabkan oleh anjloknya saham-saham produsen chip computer. Bursa AS di akhir perdagangan minggu lalu ditutup melemah untuk 3 minggu berturut-turut. Volume perdagangan di Asia tampaknya akan sedikit lebih rendah dari normal karena bursa Jepang ditutup untuk merayakan Hari Kesehatan dan Olah Raga

Pada perdagangan hari ini saham-saham afiliasi Samsung mengalami tekanan jual dan menjadi pendorong utama anjloknya bursa Seoul. Samsung Electronics, Samsung Engineering dan Samsung Heavy Industries masing-masing anjlok lebih dari 1 persen.

Hari ini indeks spot Kospi terpantau alami penurunan luar biasa. Indeks spot tersebut mengalami pelemahan sebesar 12.99 poin atau 0.67 persen dan berada pada posisi 1927.93 poin.

Indeks berjangka Kospi 200 pagi ini mengalami pembukaan pada posisi 243.30, level paling rendah sejak tanggal 23 Agustus 2013. Indeks berjangka tersebut mengalami pelemahan sebesar 275 ?poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Indeks berjangka Kospi 200 saat ini tampak rebound dan sudah mencapai posisi 245.35.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan lanjutan. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 243.00 ? 246.50 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia