PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Jepang Sideways, Kurang Arahan

Senin, 18 Agustus 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi pergerakan yang cukup baik (18/8). Bursa saham Jepang menguat terbatas sementara bursa saham Asia tampak kurang memperoleh arahan. Kondisi sideways dan nyaris flat tampaknya akan mewarnai perdagangan di bursa saham Asia, termasuk Jepang pagi hari ini.

Bursa saham Amerika Serikat akhir pekan lalu ditutup mixed. Indeks Dow Jones dan S&P 500 melemah sedangkan Nasdaq tampak mengalami peningkatan. Mixednya bursa AS tersebut disebabkan oleh sentiment positif membaiknya ekonomi AS dihadang oleh sentiment negatif kembali meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

Hari ini di antara saham-saham yang melemah, Nikon tampak mengalami penurunan sebesar 0.8 persen. Sementara itu saham Rakuten mengalami penurunan nyaris sebesar 1 persen.

Harga saham Nintendo membatas penurunan di bursa Jepang. Hari ini saham perusahaan game tersebut mengalami kenaikan nyaris sebesar 2 persen. Japan Aviation Electronics tampak mengalami rally 2.3 persen setelah Jumat lalu sempat melemah.

Indeks spot Nikkei pagi hari ini naik amat tipis. Indeks spot hanya membukukan kenaikan sebesar 0.83 poin atau 0.01 persen di posisi 15319.13 poin. Indeks Nikkei tampak sempat tergelincir ke teritori negatif pagi hari ini.

Indeks berjangka Nikkei juga mengalami kondisi yang tidak jauh berbeda. Saat ini indeks berjangka berada pada posisi 15335 poin, naik tipis dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu yang berada di level 15270 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan terbatas. Indeks berjangka berpotensi bergerak pada kisaran 15250 ? 15400 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia