PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Jepang Selasa Pagi Menanjak Imbas Pelemahan Yen

Selasa, 2 September 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi kenaikan yang cukup signifikan pada indeks-indeks benchmark (2/9). Bursa saham Jepang tampak membukukan kenaikan yang membawa indeks spot Nikkei naik untuk dua sesi berturut-turut. Indeks Nikkei pagi hari ini menguat ke level paling tinggi dalam satu pekan.

Kenaikan bursa saham Jepang pagi hari ini terutama didorong oleh melemahnya nilai tukar yen terhadap rival-rivalnya. Arahan dari pasar Amerika Serikat tadi malam tidak ada karena bursa Wall Street tutup untuk perayaan Hari Buruh.

Melemahnya nilai tukar yen Jepang mendorong kinerja saham-saham di sektor eksportir dan industry manufaktur. Sharp, Fanuc dan Nintendo pagi hari ini mengalami rally masing-masing sebesar 1 persen.

Hari ini indeks spot Nikkei terpantau alami kenaikan yang cukup baik. Indeks spot tersebut dibuka menguat sebesar 59.35 poin atau setara dengan 0.38 persen dan berada pada posisi 15535.95

Indeks berjangka Nikkei 225 mengalami pembukaan pada posisi 15515 pagi ini. Indeks berjangka tersebut mengalami kenaikan tipis sebesar 30 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka sudah tampak mengalami kenaikan lanjutan dan berada pada posisi 15605 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 15500 ? 15750 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia