PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Jepang Menguat Sedikit Lanjutkan Rally Kemarin

Rabu, 23 Juli 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi peningkatan yang masih terbatas (23/7). Bursa saham menguat didukung oleh kinerja Wall Street yang cukup baik pada perdagangan tadi malam. Beberapa data ekonomi yang telah dirilis dari Amerika Serikat menunjukkan kondisi yang mengesankan sehingga para investor kembali memiliki keyakinan untuk membeli saham-saham di bursa.

Data existing homes sales terpantau mengalami peningkatan yang signifikan dan mencapai level paling tinggi dalam 8 bulan belakangan pada bulan Juni lalu. Sedangkan inflasi di bulan Juni tercatat berada di level 0.3 persen.

Pagi ini indeks Nikkei tampak masih melanjutkan rally setelah kemarin ditutup naik nyaris 1 persen. Investor akan menantikan komentar dari deputi gubernur BOJ Hiroshi Nakaso. Indeks spot Nikkei mengalami peningkatan tipis sebesar 21.22 poin atau 0.14 persen dan berada pada posisi 15363.97 poin.

Indeks berjangka Nikkei 225 mengalami pembukaan pada posisi 15335 poin. Indeks ini mengalami penurunan sebesar 55 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka terpantau bergerak melemah terbatas dan berada pada posisi 15340 poin.

Saham produsen kendaraan Nidec tampak mengalami penurunan sebesar 0.3 persen jelang pelaporan keuangannya siang ini. Pemasok Apple mengalami kenaikan setelah raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini membukukan keuntungan yang mengalahkan estimasi.

Saham Daishinku tampak mengalami peningkatan nyaris sebesar 2 persen pagi ini. Sementara harga saham Meiko Electronics tampak mengalami kenaikan nyaris 1 persen.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan terbatas. Indeks berjangka diperkirakan akan mengalami penurunan di kisaran 15250 ? 15450 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia