PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Jepang Mantap Menguat Didukung Melemahnya Yen

Kamis, 14 Agustus 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi pergerakan yang cenderung menguat (13/8). Para pelaku pasar di Asia tampak diselimuti oleh sentiment positif setelah bursa saham AS berakhir naik dini hari tadi. Investor di Amerika Serikat mengabaikan data penjualan eceran yang mengecewakan di negara tersebut dan bergerak naik.

Pagi ini indeks spot Nikkei menguat hingga mencapai posisi paling tinggi dalam satu minggu belakangan. Bursa saham Jepang mengarah untuk menggenapi fase peningkatan selama empat hari berturut-turut meskipun data maschinery orders bulan Juni yang telah dirilis sebelum pasar buka menunjukkan hasil yang kurang memuaskan.

Pesanan inti mengalami kenaikan bulanan sebesar 8.8 persen. Kenaikan tersebut masih di bawah ekspektasi yang mengharapkan kenaikan sebesar 15.3 persen. Pada bulan Mei pesanan barang mesin mengalami penurunan bulanan sebesar 19.5 persen.

Sementara itu nilai tukar yen juga tampak melanjutkan pelemahannya terhadap dollar untuk empat hari berturut-turut. Melemahnya yen menjadi salah satu pendorong kenaikan kinerja bursa saham Jepang hari ini.

Indeks spot Nikkei pagi ini bergerak menguat dengan cukup bertenaga. Indeks spot membukukan kenaikan sebesar 90.34 poin atau 0.59 persen dan berada pada posisi 15303.48 poin.

Indeks berjangka Nikkei 225 pagi hari ini terpantau dibuka pada posisi 15295 poin. Indeks mengalami penurunan tipis sebesar 30 poin dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka bergerak makin tinggi dan berada pada posisi 15325 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham Jepang pada perdagangan Kamis ini akan cenderung alami kenaikan lanjutan. Indeks berjangka Nikkei 225 diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 15250 ? 15400 poin.

Sumber : VIbiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia