PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Jepang Liburan Seoul Dibuka Melemah

Selasa, 23 September 2014

Bursa saham Negeri Ginseng Korea Selatan tampak mengalami penurunan lanjutan pada perdagangan hari Selasa pagi ini (23/9). Bursa saham Seoul terpukul mundur lagi setelah di akhir perdagangan hari Senin kemarin ditutup dengan bukukan pelemahan sebesar 0.7 persen.

Bursa saham Asia hari ini tampak cenderung alami penurunan meskipun volume perdagangan terbatas karena bursa saham Jepang libur. Di akhir perdagangan Wall Street dini hari tadi bursa Amerika Serikat juga ditutup melempem.

Saham-saham lapis biru di Seoul mengalami penurunan tajam untuk dua hari berturut-turut dan menjadi factor yang melemahkan bursa saham Negeri Ginseng tersebut. Samsung Electronics, Hyundai Motor dan Kia Motors masing-masing mengalami penurunan sebesar 1 persen.

Hari ini indeks spot Kospi di bursa Seoul terpantau alami penurunan yang signifikan. Indeks spot tersebut terpukul mundur sebesar 8.83 poin atau 0.43 persen dan berada pada posisi 2030.44 poin.

Indeks berjangka Kospi 200 mengalami pembukaan pada posisi 259.90 pagi ini. Indeks berjangka tersebut mengalami penurunan sebesar 145 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya, dibuka pada level paling rendah dalam lebih dari 2 bulan. Pergerakan indeks berjangka Kospi pagi ini tampak cenderung menguat dan mencapai posisi 260.20 poin.

Analyst Vibiz Research Centre memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan terbatas didorong rebound teknikal. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 259.80 ? 261.50 poin.

?Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia