PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Jepang Lanjutkan Kenaikan Setelah Sempat Tergerus Turun Selasa Kemarin

Rabu, 17 September 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang hari Rabu pagi ini kembali terjadi kenaikan yang membawa indeks Topix menguat (17/9). Kemarin bursa saham Jepang melemah untuk pertama kalinya dalam enam sesi belakangan. Hari ini adanya kabar bahwa pemerintah Tiongkok akan mengalirkan stimulus untuk sektor perbankan di negara tersebut telah memberikan warna hijau di perdagangan bursa saham kawasan Asia.

Beijing dikabarkan menyediakan 500 miliar yuan (8.14 miliar dollar AS) dalam bentuk likuiditas bagi lima bank terbesarnya. Beijing berupaya untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi di tengah sinyal yang menyatakan bahwa ekonomi sedang melambat.

Saham Mitsubishi Motors mengalami lonjakan lebih dari 1 persen di awal perdagangan hari ini. Perusahaan otomotif tersebut telah mengumumkan rencana untuk menginvestasikan 600 juta dollar untuk membangu pabrik mobil baru di Indonesia.

Hari ini indeks spot Nikkei melanjutkan kenaikan setelah kemarin sempat terpukul. Indeks ini main mata dengan level 16000 poin, kembali mengarah ke level tertinggi dalam 8 bulan. Saat ini indeks spot Nikkei bergerak menguat sebesar 39.38 poin atau 0.25 persen di posisi 15950.91 poin.

Indeks berjangka Nikkei pagi ini dibuka pada posisi 15845 poin. Indeks berjangka naik 60 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka Nikkei tampak naik sedikit ke posisi 15870 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan terbatas. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 15750 ? 15950 poin.

Sumber : Vibiznews?

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia