PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Jepang Kamis Pagi Bergerak Terbatas; Koreksi dari 7 Bulan Tertinggi

Kamis, 4 September 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi retreat pada indeks-indeks benchmark (4/9). Bursa saham Jepang melemah setelah kemarin sempat mencapai posisi paling tinggi dalam lebih dari 7 bulan. Yen pagi ini tampak melanjutkan kenaikan terhadap dollar AS sehingga mendesak kinerja saham eksportir. Sementara itu saham-saham konsumen juga tampak mengalami penurunan.

Hari ini indeks Topix mengalami penurunan sebesar 0.2 persen dan berada pada posisi 1298.86 poin. Kemarin indeks ini ditutup pada posisi paling tinggi sejak tanggal 8 Januari. Para pelaku pasar hari ini fokus kepada pengumuman penetapan suku bunga acuan dan kebijakan moneter bank sentral Jepang.

Saham Sony tampak mengalami penurunan sebesar 0.2 persen setelah perusahaan mengungkapkan dua produk baru yang diharapkan akan meningkatkan penjualan perangkat mobile-nya yang sedang lesu.

Hari ini indeks spot Nikkei terpantau alami koreksi melemah setelah kemarin ditutup di level 7 bulan tertinggi. Indeks spot tersebut dibuka turun sebesar 11.23 poin atau setara dengan 0.07 persen dan berada pada posisi 15717.13 poin.

Indeks berjangka Nikkei 225 mengalami pembukaan pada posisi 15705 pagi ini. Indeks berjangka tersebut mengalami penurunan tipis sebesar 25 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami pergerakan yang sideways dan terbatas. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 15650 ? 15750 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia