PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Jepang Dibuka Koreksi Teknikal Setelah 4 Sesi Rally

Jum’at, 15 Agustus 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi pergerakan yang cenderung melemah terbatas (15/8). Pagi ini perdagangan di bursa-bursa saham Asia tampak variatif. Beberapa bursa saham mengikuti sentiment positif yang dibawa oleh Wall Street. Kondisi geopolitik global mulai membaik dengan beberapa perjanjian damai di berbagai belahan dunia.

Indeks Nikkei di bursa Jepang sendiri tampak mengalami penurunan karena didorong oleh koreksi teknikal. Selama empat hari berturut-turut sebelum hari ini bursa saham Jepang telah mengalami rally yang signifikan. Aksi ambil untung mulai terjadi jelang akhir pekan.

Saham-saham eksportir masih terangkat naik di tengah pelemahan nilai tukar yen Jepang Jumat pagi ini. Suzuki Motor mengalami peningkatan sebesar 0.4 persen. Toyota Motor mengalami penurunan sebesar 0.2 persen dan Nissan melemah 0.3 persen akibat aksi ambil untung.

Indeks spot Nikkei tampak bergerak turun tipis saja di awal perdagangan hari ini. Indeks spot tersebut melemah sebesar 24.63 poin atau 0.16 persen di level 15290.44 poin.

Indeks berjangka Nikkei 225 pagi hari ini terpantau dibuka pada posisi 15320 poin. Indeks mengalami kenaikan tipis sebesar 25 poin dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka bergerak turun terbatas dari posisi pembukaan perdagangan dan berada pada posisi 15300 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham Jepang pada perdagangan Rabu ini akan cenderung alami pergerakan terbatas karena mulai memasuki fase konsolidasi. Indeks berjangka Nikkei 225 diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 15200 ? 15400 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia