PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Jepang Cenderung Melemah Akibat Rebound Yen

Selasa, 26 Agustus 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi pergerakan yang fluktuatif dan mengarah ke teritori negatif (26/8). Bursa saham Jepang melemah terbatas disebabkan oleh nilai tukar yen Jepang yang mulai bergerak rebound terhadap dollar AS setelah kemarin anjlok ke posisi paling rendah dalam tujuh bulan.

Para pelaku pasar di Asia masih menantikan perkembangan geopolitik di Ukraina dan Timur Tengah. Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko untuk berupaya menyelesaikan ketegangan yang makin meruncing di perbatasan kedua negara tersebut. Sementara itu Amerika Serikat bersiap untuk melancarkan serangan terhadap IS di Suriah.

Harga saham Japan Tobacco mengalami penurunan tipis sebesar 0.1 persen setelah surat kabar Nikkei melaporkan bahwa EPS saham untuk tahun fiskal ini kemungkinan akan mengalami penurunan sebesar 16 persen.

Harga saham Toyota Motor mengalami kenaikan yang cukup baik pagi ini. Kenaikan harga saham Toyota membuat kejatuhan indeks Nikkei sedikit tertahan.

Indeks spot Nikkei pagi hari ini mengalami penurunan yang lumayan. Indeks spot membukukan pelemahan sebesar 50.75 poin atau 0.32 persen di posisi 15552.06 poin.

Indeks berjangka Nikkei juga mengalami pergerakan yang cenderung melemah. Saat ini indeks berjangka berada pada posisi 15540 poin, turun dibandingkan dengan posisi pembukaan perdagangan yang ada di 15595 poin. Indeks berjangka tersebut ditutup pada posisi 15600 poin pada akhir perdagangan sebelumnya.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan terbatas. Indeks berjangka berpotensi bergerak pada kisaran 15450 ? 15620 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia