PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Jepang Bergerak Sideways; Ekonomi Q2 Kontraksi

Rabu, 13 Agustus 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi pergerakan yang fluktuatif (13/8). Indeks benchmark bergerak di kisaran positif-negatif sejak pembukaan perdagangan karena para pelaku pasar menimbang kondisi geopolitik global dan dampak dari kontraksi ekonomi di Jepang pada kuartal kedua yang lalu.

Pagi ini telah dirilis data yang menunjukkan bahwa pada kuartal kedua ekonomi Jepang mengalami kontraksi. Kontraksi tahunan tercatat sebesar 6.8 persen, masih berada di bawah ekspektasi kontraksi sebesar 7.1 persen. Kondisi ini sempat membawa indeks spot Nikkei mengalami penurunan sebesar 0.3 persen di pembukaan perdagangan.

Akan tetapi kontraksi ekonomi yang telah diperkirakan tersebut tidak terlalu banyak berpengaruh terhadap kondisi bursa saham. Indeks spot Nikkei tampak bergerak naik tipis sebesar 0.08 persen dan saat ini berada pada posisi 15173.48 poin. Indeks Topix mengalami peningkatan sebesar 0.1 persen menjadi 1258.62 poin.

Indeks berjangka Nikkei 225 pagi hari ini terpantau dibuka pada posisi 15125 poin. Indeks mengalami kenaikan tipis sebesar 10 poin dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka bergerak makin tinggi dan berada pada posisi 15160 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham Jepang pada perdagangan Rabu ini akan cenderung alami rebound terbatas. Indeks berjangka Nikkei 225 diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 15050 ? 15300 poin.

Sumber : Vibiznews?

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia