PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Jepang Berakhir Menguat; Topix di Kisaran 6 Tahun Tertinggi

Rabu, 10 September 2014

Pada akhir perdagangan di bursa saham Tokyo Rabu siang ini terjadi kenaikan yang cukup signifikan (10/9). Bursa saham Jepang berhasil mengantarkan indeks Topix ke teritori positif, menghapuskan penurunan yang sempat terjadi pada perdagangan pagi tadi. Indeks tersebut ditutup pada kisaran tertinggi dalam enam tahun belakangan.

Saham-saham eksportir masih menjadi pendorong kenaikan di bursa saham Jepang seiring dengan melemahnya nilai tukar yen. Yen diperdagangkan di kisaran terendah sejak tahun 2008.

Saham Canon, produsen kamera terbesar di dunia, membukukan peningkatan sebesar 0.8 persen di akhir perdagangan. Rakuten Inc. terpantau melemah sebesar 4.9 persen setelah perusahaan ini setuju untuk membeli situs belanja Ebates asal Amerika Serikat.

Saham Kyushu Electric Power tampak melonjak sebesar 4.5 persen setelah sebuah laporan keamanan di dua reaktornya disetujui oleh pengawas industry nuklir Jepang. Japan Display Inc. mengalami penurunan sebesar 1.8 persen.

Hari ini indeks spot Nikkei terpantau alami kenaikan terbatas di akhir perdagangan Senin siang. Indeks spot tersebut ditutup menguat sebesar 0.30 persen dan berada pada posisi 15788.75 poin. Indeks Topis tampak berakhir menguat 0.6 persen di posisi 1306.79 poin. Indeks ini berada pada level paling tinggi sejak bulan Juli 2008 yang lalu.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pada perdagangan Selasa besok bursa saham Jepang akan mengalami pergerakan yang dipengaruhi oleh kinerja bursa saham Amerika Serikat dan Eropa nanti malam. Data yang dinantikan hari ini adalah pasokan minyak mentah dan inventory sektor grosir dari Amerika Serikat. Tampaknya perdagangan di Eropa dan AS masih akan dipengaruhi oleh perkembangan kondisi di Ukraina dan Skotlandia.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia