PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Jepang Anjlok Tajam Susul Lesu Asia Senin Kemarin

Selasa, 14 Oktober 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang hari ini terjadi penurunan yang cukup signifikan (14/10). Bursa saham Jepang yang kemarin libur tampak alami tekanan jual setelah Wall Street kembali ditutup di zona negative dini hari tadi.

Indeks Nikkei anjlok ke level paling rendah dalam dua bulan belakangan pada perdagangan hari Selasa ini. Menguatnya yen yang saat ini berada di kisaran 107-an per dollar AS memberikan dorongan negative yang signifikan ke pasar saham Jepang.

Pagi tadi data harga grosir di Jepang pada bulan September telah dirilis. Tercatat terjadi kenaikan harga di tingkat grosir sebesar 3.5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Saham-saham yang mengalammi penurunan tajam pada perdagangan Selasa pagi adalah berasal dari sektor eksportir. Saham Suzuki Motor anjlok tajam lebih dari 4 persen pagi ini. Nissan Motor dan Toyota Motor masing-masing mengalami penurunan sebesar 3 persen.

Hari ini indeks spot Nikkei tampak mengalami penurunan signifikan, sekaligus mengompensasi sentiment buruk pada perdagangan Senin kemarin. Indeks Nikkei anjlok tajam sebesar 304.02 poin atau setara dengan 1.99 persen dan berada di level 14996.53 poin.

Indeks berjangka Nikkei pagi ini dibuka pada posisi 14930 poin. Indeks berjangka dibuka turun cukup signifikan sebesar 105 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami rebound terbatas. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 14900 ? 15100 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia