PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Hong Kong Tergerus Akibat Sentimen Jual yang Landa Asia

Jum’at, 10 Oktober 2014

Sentimen negative yang kuat mewarnai perdagangan di bursa saham Hong Kong pagi hari ini (10/10). Bursa saham Hong Kong kembali terpukul mengikuti sentiment jual yang terjadi di sebagian bursa saham Asia hari ini. Bursa saham Wall Street dini hari tadi ditutup dengan membukukan penurunan yang signifikan sehingga memberikan arahan negatif ke bursa Asia hari ini.

Kabar buruk datang dari Hong Kong sendiri. Dilaporkan bahwa pemerintah kota Hong Kong membatalkan perundingan dengan para siswa yang melakukan demonstrasi pro-demokrasi. Kondisi ini menimbulkan kembalinya gejolak politik di kota tersebut.

Bursa saham di kawasan Asia mengalami tekanan jual pada perdagangan terakhir pekan ini setelah bursa Wall Street ditutup dengan aksi jual yang marak di sektor energi. Para investor dilanda kekhawatiran mengenai melambatnya pertumbuhan ekonomi di Eropa.

Aksi jual di bursa saham Amerika Serikat dan Eropa muncul setelah data ekspor Jerman menunjukkan penurunan sebesar 5.8 persen pada bulan Agustus lalu. Penurunan ekspor tersebut merupakan yang terbesar sejak Eropa dilanda krisis keuangan.

Saham-saham unggulan mencatatkan penurunan tajam pada perdagangan Jumat pagi. HSBC tampak terpuruk turun sebesar 1.25 hkd ke level 78.55 hkd. Cheung Kong melempem sebesar 1.40 hkd menjadi 131.00 hkd. The Wharf Holdings bergerak melemah sebesar 0.85 hkd menjadi 55.40 hkd. CLP Holdings terseret turun sebesar 0.45 hkd ke level 64.05 hkd.

Hari ini indeks benchmark di bursa saham Hong Kong terpantau bergerak melemah dengan tajam di awal perdagangan. Indeks hang seng spot membukukan penurunan sebesar 330.67 poin atau 1.41 persen dan berada pada posisi 23203.86 poin.

Indeks berjangka hang seng hari ini dibuka pada posisi 23114 poin, anjlok sebesar 299 poin dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin.

Analyst Vibiz Research Centre memperkirakan bahwa pergerakan indeks benchmark di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan terbatas. Indeks berjangka hang seng berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 23050 ? 23250 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia