PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Hong Kong Melemah Jelang Rilis Data dari Tiongkok

Selasa, 12 Agustus 2014

Pada perdagangan hari Selasa pagi ini bursa saham Hong Kong terpantau mengalami penurunan yang meskipun terbatas (12/8). Bursa saham terkoreksi, mengabaikan oleh hasil perdagangan positif di bursa saham Wall Street dini hari tadi. Indeks komposit Shanghai di bursa Tiongkok yang melemah menjadi factor yang mendorong turun bursa saham Hong Kong pagi ini.

Bursa saham Hong Kong ini membukukan penurunan jelang rilis data ekonomi Tiongkok, termasuk pinjaman dalam bentuk yuan dan industrial production. Aksi ambil untung setelah kemarin bursa rebound juga menjadi salah satu pendorong melemahnya bursa saham Hong Kong.

Pada perdagangan hari ini sektor lapis biru tampak bergerak variatif. Cheung Kong melemah sebesar 0.10 hkd menjadi 143.60 hkd. The Wharf Holdings mengalami penurunan 0.40 hkd ke level 59.75 hkd. Hang Seng Bank mengalami peningkatan 0.10 hkd ke level 131.50 hkd.

Hari ini indeks benchmark di bursa saham Hong Kong tampak mengalami pelemahan yang lumayan. Indeks spot hang seng bergerak turun sebesar 46.06 poin atau 0.19 persen dan berada pada posisi 24599.96 poin.

Indeks berjangka hang seng dibuka di posisi 24590 poin hari ini. Indeks berjangka tersebut alami penurunan sebesar 105 poin dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka tampak bergerak melemah lanjutan dan mencapai posisi 24522 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami pelemahan meskipun terbatas. Indeks hang seng berjangka diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 24450 ? 24600 poin.

Sumber : Vibiznews

?Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia