PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Hong Kong Masih Bergerak dalam Fase Konsolidasi

Jum’at, 5 September 2014

Pada perdagangan di bursa saham Hong Kong pagi ini terjadi pelemahan meskipun masih terbatas (2/9). Bursa saham Hong Kong melemah untuk dua hari berturut-turut setelah pada hari Rabu lalu indeks ditutup pada posisi paling tinggi dalam 6 tahun belakangan.

Hari ini bursa saham Hong Kong masih berada dalam fase konsolidasi. Bursa-bursa saham di kawasan Asia Jumat pagi ini tampak bergerak mixed. Penurunan suku bunga acuan yang tidak terduga yang dilakukan ECB tadi malam masih berdampak ke pasar. Seperti yang kita ketahui tadi malam ECB menurunkan suku bunga acuannya menjadi 0.05 persen. Suku bunga tersebut merupakan yang paling rendah di dunia, bahkan lebih rendah dari suku bunga di Jepang yang berada di level 0.1 persen.

Saham-saham lapis biru tampak bergerak variatif hari ini. Harga saham HSBC tampak mengalami peningkatan sebesar 0.20 hkd menjadi 83.50 hkd. Henderson Land melemah 0.10 hkd ke level 54.85 hkd. SHK Properties mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 1.50 hkd menjadi 120.00 hkd. Hang Seng Bank tergerus melemah sebesar 0.20 hkd menjadi 131.90 hkd.

Indeks spot hang seng tampak mengalami penurunan sebesar 50.34 poin atau 0.20 persen dan berada pada posisi 25247.58 poin.?Hari ini indeks berjangka terpantau dibuka pada posisi 25245 poin. Indeks berjangka tersebut mengalami penurunan sedikit saja sebesar 20 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks benchmark di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan terbatas. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 25150 ? 25300 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia