PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Hong Kong Jatuh Akibat Penurunan Saham Lapis Biru

Rabu, 6 Agutus 2014

Pada perdagangan di bursa saham Hong Kong hari ini tampak terjadi penurunan yang cukup signifikan (6/8). Indeks benchmark di bursa saham retreat setelah sempat membukukan kenaikan lumayan sesi sebelumnya. Saat ini indeks hang seng berada di level paling rendah dalam lebih dari satu minggu terakhir.

Bursa saham Asia cenderung melemah setelah di akhir perdagangan dini hari tadi bursa Wall Street ditutup dengan penurunan nyaris 1 persen untuk ketiga indeks benchmark-nya. Kekhawatiran mengenai Ukraina kembali mengemuka setelah Menlu Polandia mengatakan bahwa Rusia mengumpulkan tentara di perbatasan dengan Ukraina.

Hari ini saham-saham lapis biru di bursa Hong Kong tampak cenderung terpukul. HSBC yang kemarin mengalami kenaikan nyaris 2 persen, hari ini tampak mengalami tekanan yang signifikan. Harga saham bank ini anjlok sebesar 1.00 hkd atau 1.20 persen dan berada pada posisi 82.55 hkd.

Saham Cheung Kong tampak lesu sebesar 0.50 hkd menjadi 142.50 hkd. The Hong Kong and China Gas Company melemah 0.04 hkd menjadi 17.02 hkd. The Wharf mengalami penurunan 0.80 hkd menjadi 59.20 hkd.

Hari ini indeks spot hang seng tampak mengalami penurunan yang signifikan. Indeks spot tersebut tergerus turun sebesar 154.28 poin atau 0.63 persen dan berada pada posisi 24493.98.

Indeks berjangka hang seng pagi ini dibuka di level 24448 poin. Indeks berjangka tersebut mengalami penurunan 190 poin dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka makin terbenam dan berada pada posisi 24401 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham Hong Kong pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan yang akibat kuatnya sentiment negatif. Indeks hari ini berpotensi untuk bergerak pada kisaran 24300 ? 24500 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia