PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Hong Kong Bergerak Positif Berkat Dukungan dari Wall Street Pekan Lalu

Senin, 6 Oktober 2014

Pada perdagangan di bursa saham Hong Kong pagi ini terjadi kenaikan yang cukup signifikan (6/10). Bursa saham Hong Kong mampu bertahan positif di tengah pergerakan yang mixed di bursa saham Asia. Sentimen positif dari Wall Street tampak cukup kuat untuk mendukung pergerakan di bursa saham Hong Kong.

Bursa-bursa saham di kawasan Asia Senin pagi tampak bergerak terbatas dan variatif. Volume perdagangan di Asia relative lebih kecil dari biasanya karena bursa Tiongkok, Malaysia dan India masih tutup. Perdagangan di Asia memperoleh sentiment positif dari bursa saham Wall Street. Membaiknya sektor tenaga kerja di AS yang ditandai dengan kenaikan NFP dan turunnya tingkat pengangguran membawa indeks-indeks benchmark di Wall Street ditutup naik lebih dari 1 persen.

Saham-saham lapis biru tampak bergerak variatif pada perdagangan pagi ini. Cheung Kong alami kenaikan 2.00 hkd menjadi 130.10 hkd. HSBC membukukan peningkatan sebesar 0.25 hkd menjadi 78.90 hkd. CLP Holdings melemah sebesar 0.40 hkd ke level 62.20 hkd. The Wharf Holdings mengalami penurunan 0.05 hkd ke posisi 55.30 hkd.

Indeks spot hang seng tampak mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hari ini indeks spot mengalami kenaikan sebesar 86.51 poin atau 0.38 persen dan berada pada posisi 23151.07 poin.

Indeks berjangka hang seng alami pembukaan di posisi 22979 poin. Indeks berjangka tersebut turun tipis saja sebesar 7 poin dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka tampak bergerak menguat dan sudah berada pada posisi 23071 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham Hong Kong pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan lanjutan. Indeks hang seng pada perdagangan hari ini berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 22850 ? 23150 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia