PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Hong Kong Bergerak Mixed; Indeks Berjangka Berusaha Bangkit

Kamis, 11 September 2014

Pada akhir perdagangan di bursa saham Amerika Serikat dini hari tadi terpantau terjadi kenaikan yang cukup signifikan (11/9). Saham-saham perusahaan social media tampak mengalami kenaikan sehingga mendorong kinerja positif saham-saham teknologi. Kondisi positif di bursa Wall Street tersebut memberikan dukungan bagi pergerakan di bursa saham Asia hari ini. Akan tetapi pergerakan indeks hang seng di bursa Hong Kong tampak masih betah melanjutkan penurunan yang terjadi pada perdagangan Rabu kemarin.

Rilis data inflasi Tiongkok hari ini tampaknya turut memberikan sentimen negatif ke pasar saham Hong Kong. Indeks harga konsumen di Tiongkok pada bulan Agustus lalu mengalami peningkatan sebesar 2 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Angka IHK tersebut lebih kecil dibandingkan dengan prediksi di level 2.2 persen. Pada bulan Juli sebelumnya IHK Tiongkok berada di level 2.3 persen.

Sementara itu IHP di bulan Agustus mengalami penurunan (deflasi) sebesar 1.2 persen. Deflasi tersebut lebih besar dibandingkan prediksi penurunan sebesar 1.1 persen.

Pada perdagangan hari ini fokus para investor di bursa Hong Kong adalah terhadap produsen mobil asal Tiongkok Geely Automobile, yang juga menjual sahamnya di bursa Hong Kong. Harga saham Geely tersebut tepantau melemah sebesar 0.3 persen setelah perusahaan melaporkan penurunan penjualan sebesar 22 persen di bulan Agustus lalu.

Pada perdagangan hari ini indeks spot hang seng tampak mengalami penurunan meskipun terbatas. Indeks spot tersebut melemah sebesar 22.31 poin atau 0.09 persen dan berada pada posisi 24683.05 poin.

Hari ini indeks berjangka terpantau dibuka pada posisi 24685 poin. Indeks berjangka tersebut mengalami kenaikan lumayan sebesar 87 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka tampak masih bergerak terbatas.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka hang seng di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan terbatas. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 24650 ? 24800 poin.

Sumber : Vibiznews?

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia