PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Asia Menguat Susul Cerahnya Data Ekonomi

Bursa Saham Asia 3

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Bursa Asia menguat dipicu penguatan saham-saham Jepang menyusul peningkatan ekuitas Amerika Serikat. Kondisi tersebut didorong penguatan data ekonomi AS yang menunjukkan laju tercepat sejak kuartal akhir 2003.

Mengutip data Bloomberg, Rabu (24/12/2014), indeks MSCI Asia Pasifik menguat 0,5 persen pada perdagangan pukul 10.00 waktu Tokyo. Indeks saham Jepang Topix tercatat meningkat hingga 1 persen pada perdagangan kemarin.

Indeks saham S&P/ASX 200 Australia hanya mengalami sedikit pergerakan setelah jatuh 1,1 persen pada perdagangan sebelumnya di saham komoditas. Sementara indeks saham Korea Selatan Kospi menguat kurang dari 0,1 persen.

Indeks NZX 50 juga mencatatkan penguatan 0,1 persen di bursa Wellington. Sementara pasar-pasar keuangan di Selandia Baru ditutup hari ini bersama dengan Singapura, Filipina, dan Amerika Serikat.

Pertumbuhan ekonomi AS tercatat menguat hingga 5 persen pada kuartal ketiga dan melampaui prediksi para ekonomi. Hal tersebut menunjukkan peningkatan ekonomi berkelanjutan yang dapat menjadi sinyal redanya perlambatan ekonomi secara global.

Harga saham menguat sejak pekan lalu saat Bank Sentral AS (The Fed) menunjukkan sinyak untuk bersabar mengatur waktu kenaikkan suku bunganya. Sementara Shinzo Abe akan dilantik sebagai Perdana Menteri Jepang hari ini.

“Pasar kini tengah berada dalam kondisi nyaman dari kekuatan perekonomian AS. Ketenangan dari pernyataan The Fed pekan lalu telah menjadi kontributor terbesar penguatan yang terjadi sekarang, digabungkan dengan data PDB AS,” ungkap Chief Market Strategist di CMC Markets, Michael McCarthy.

Pasar-pasar keuangan di Australia dan Hong Kong juga tidak dibuka menjelang libur natal hari ini.(Sis/Nrm)

 

Sumber : Liputan 6