PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Asia Melemah Ikuti Kemerosotan Harga Minyak

Bursa Saham Asia

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Bursa saham Asia melemah, turun dari level tertingginya dalam tiga pekan terakhir, setelah terjadi penurunan nilai saham di sektor energi akibat penurunan harga minyak. Sementara itu, saham-saham Jepang melemah pada perdagangan di akhir tahun.

Mengutip laman Bloomberg, Selasa (30/12/2014), indeks MSCI Asia Pacific melemah 0,1? persen ke level 138,25 pada perdagangan pukul 9:01 waktu? Tokyo. Sementara pasar-pasar keuangan di Hong Kong and China masih tutup.

Saham-saham material dan energi memimpin pelemahan bursa Asia setelah harga minyak melemah ke level terendah dalam lebih dari lima tahun pada perdagangan kemarin. Indeks saham Jepang Topix melemah 0,1 persen setelah menguat 9,3 persen sepanjang 2014.

Laporan hasil uji medis yang negatif pada seorang pasien yang diduga ebola membuat indeks saham Jepang sempat menguat kembali.

Sementara itu indeks saham Australia S&P/ASX 200 melemah 0,2 persen dan indeks saham NZX 50 Selandia Baru menguat 0,1 persen. Indeks saham Selandia Baru tercatat menguat hingga 18 persen sepanjang tahun ini.

Tak ketinggalan, indeks saham Korea Selatan Kospi juga menguat 0,4 persen.

Ekuitas global kini mengarah pada penguatan selama tiga tahun berturut-turut dengan saham AS yang menguat kuat dalam dua pekan terakhir, setelah The Fed menahan kenaikkan suku bunganya.

Sementara indeks global MSCI dari saham negara maju menguat 4,2 persen tahun ini.

“Pasar saham tampak sedang sangat kokoh. Valuasi seluruh pasar menunjukkan nilai margin of error yang kecil,” ungkap analis ekuitas Morningstar Inc., Matthew Coffina.

Saham-saham Asia tercatat memimpin penguatan bursa Asia sepanjang 2014. Dengan indeks Shanghai Composite yang menguat hingga 50 persen.(Sis/Nrm)

 

Sumber : Liputan 6