PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bursa Asia Bergerak Mendatar, Investor Menunggu Hasil The Fed

(Foto: Reuters)

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Tokyo – Bursa Asia bergerak mendatar pada pembukaan perdagangan Senin pekan ini. Pelaku pasar lebih memilih untuk menunggu hasil dari pertemuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) dan juga Bank Sentral Jepang.

Mengutip Reuters, Senin (19/9/2016), Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang bergerak mendatar. Sementara Indeks Kospi Korea Selatan naik tipis 0,1 persen. Sedangkan bursa Jepang libur.

Investor sedang menghitung mundur hari-hari jelang pertemuan Bank Sentral AS. The Federal Reserve (The Fed) akan mengadakan pertemuan pada 20 dan 21 September nanti. Sedangkan konferensi pers akan diadakan pada Rabu waktu setempat.

Dalam pertemuan tersebut The Fed akan menimbang data-data ekonomi yang akan mendukung mereka untuk menaikkan suku bunga. Keputusan dari The Fed tersebut akan menentukan gerak Wall Street dan juga kemudian berimbas ke Bursa Asia.

Namun dari data terakhir yang dikeluarkan, data aktivitas industri cukup mengecewakan. Dengan asumsi tidak ada kebijakan yang akan dilakukan oleh Bank Sentral AS maka kemungkinan besar kenaikan suku bunga tidak akan dilakukan pada tahun ini.

“Dengan kata lain langkah pengetatan moneter tidak akan berlangsung dalam waktu dekat ini,” jelas analis FXPRIMUS Marshall Gittler.

Bank Sentral Jepang juga akan mengadakan pertemuan pada pekan ini untuk melihat kebijakan suku bunga. Selama ini Bank Sentral Jepang terus melonggarkan kebijakan moneter dengan menurunkan suku bunga acuan hingga ke tinggal negatif. (Gdn/Ndw) PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

 

Sumber : Liputan 6