PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Bukan Sampah, Biji Alpukat Justru Kaya Akan Kandungan Nutrisi

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, buah yang banyak digemari karena rasanya yang creamy ini juga memiliki lemak sehat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung serta sebagai makanan diet yang membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya daging buahnya yang bermanfaat. Biji Alpukat pun menyimpan banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan bagian buah yang seringkali terbuang ini disebut-sebut justru lebih sehat ketimbang daging Alpukatnya sendiri.

Sejumlah dokter juga mengatakan kalau biji Alpukat berkhasiat menurunkan kolesterol dan melawan virus serta bakteri penyebab penyakit. Selain itu, seperti disebutkan dalam laman www.livestrong.com, berikut fakta menarik dari kandungan biji Alpukat yang perlu kita ketahui.

??? Kaya Antioksidan.

Sebuah studi yang dilakukan National University of Singapore menemukan bahwa di antara biji buah lainnya seperti mangga, asam atau nangka, biji Alpukat memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih besar. Alpukat kemungkinan menyimpan 70 persen antioksidan pada bijinya ketimbang daging dan kulitnya.

??? Serat Larut.

Biji Alpukat merupakan salah satu makanan yang paling banyak mengandung serat larut. Menurut Dr. Tom Wu, N.M.D., seorang dokter peraih penghargaan dari PBB dan American Cancer Society, serat larut penting untuk menjaga kesehatan jantung karena membantu menurunkan kadar kolesterol. Menariknya, kandungan serat larut dalam biji Alpukat diketahui lebih banyak dibandingkan dengan kandungan serat larut pada oatmeal.

??? Potassium.

California Avocado Society pernah merilis artikel bahwa biji Alpukat sangat tinggi akan potassium. Namun level potassiumnya akan berkurang seiring dengan bertambah matangnya Alpukat. Oleh karena itu disarankan memilih Alpukat yang belum terlalu matang jika ingin mendapatkan manfaat maksimal dari potassium pada biji Alpukat. Biji Alpukat juga diketahui mengandung fosfor untuk kesehatan tulang.

Mengonsumsi biji Alpukat bisa dilakukan dengan beberapa cara. Disebutkan dalam laman dailymail.co.uk, cara yang paling umum untuk mengonsumsi biji Alpukat adalah dengan menjadikannya sebagai campuran smoothies. Belah biji Alpukat menjadi empat bagian lalu haluskan menggunakan blender sehingga bentuknya menjadi seperti bubuk. Kemudian masukkan pada campuran smoothies, dan kembali diblender.

Biji Alpukat memiliki rasa yang cukup kuat, jadi sebaiknya dicampurkan dengan buah yang juga punya rasa atau aroma dominan. Misalnya buah berry, mangga atau nanas. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsinya dengan cara menjemur biji Alpukat hingga kering, kemudian diparut dan dijadikan bumbu tambahan untuk makanan. Fungsinya seperti garam atau merica, yaitu untuk menambah rasa pada makanan. Tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

 

Sumber : Vemale