PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Biar Tak Jadi Petaka Finansial, Atur Rencana Liburan Sejak Awal

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Anda berencana menghabiskan akhir tahun dengan liburan keluarga? Masih ada waktu dua bulan untuk mempersiapkan momen yang menyenangkan bersama keluarga. Mari rencanakan dari sekarang. Tanpa perencanaan yag matang, event liburan justru bisa membawa petaka terhadap urusan keuangan.

Dengan perencanaan keuangan liburan, Anda bisa mendapatkan ancar-ancar berapa dana yang dibutuhkan ketika berlibur bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Jangan sampai event liburan justru menjadi petaka finansial karena Anda kehabisan uang.

Untuk libur akhir tahun yang tinggal dua bulan lagi, panduan utama yang harus diperhatikan adalah berapa banyak uang yang bisa Anda alokasikan. Sumber uang ini sebenarnya Anda persiapkan jauh-jauh hari dalam tabungan liburan. Anda juga bisa memproyeksikan dari bonus akhir tahun atau komisi penjualan yang sudah bisa dipastikan akan Anda terima.

Bagaimana dengan cicilan kartu kredit? Beberapa financial planner masih memberi toleransi utang kartu kredit untuk membeli tiket pesawat sejak beberapa bulan sebelum liburan akhir tahun. Namun mereka tidak menyarankan cicilan itu masih disisakan setelah liburan berlalu.

Nah, berikut ini tips menyiapkan dana liburan dikutip dari Danaxtra.com, Senin (20/11/2017):

Sepakati Destinasi Liburan Keluarga

Apakah anak-anak ingin ke Bali atau Jogja, sementara pasangan ingin ke Singapura, dan Anda sendiri sejak lama bercita-cita keliling Eropa, penentuan destinasi liburan tentu saja sangat tergantung dari berapa banyak dana yang bisa Anda sediakan.

Agar rencana liburan keluarga Anda rapi dan berjalan sesuai rencana, lakukan riset kecil-kecilan seputar destinasi yang akan dituju. Cari informasi sedetil-detilnya seputar lokasi itu, akomodasi, penginapan, pusat kuliner dan oleh-oleh, harga dan pernik-pernik perjalanan lainnya.

Gali semua hal yang berhubungan dengan keperluan liburan Anda. Anda bisa melakukannya dengan membeli travel book atau browsing ke berbagai situs wisata atau traveling.

Selain itu, Anda juga menanyakan pengalaman teman atau membaca artikel dari travel blogger yang sudah terlebih dahulu melakukan perjalanan ke destinasi tersebut.

Buat Rencana Pengeluaran Liburan Keluarga yang Realistis

Akan sangat bijak jika Anda mengalokasikan dana lebih untuk pos pengeluaran yang dirasa penting. Demikian juga sebaliknya untuk pos yang kurang penting. Intinya adalah memilih kombinasi terbaik bagi keluarga Anda.

Sebagai gambaran, Anda bisa mempertimbangkan komposisi anggaran liburan dari Danaxtra berikut:

Alokasi dana

25 persen untuk Transportasi Liburan Keluarga

Ini komponen yang sangat penting. Anda sebaiknya mempersiapkan biaya transportasi sebesar 25 persen dari seluruh perencanaan keuangan liburan keluarga Anda. Akan lebih aman jika Anda membeli tiket round-trip. Dengan demikian, jika Anda terlewat untuk berbelanja dan kehabisan uang, Anda masih bisa pulang.

Untuk mendapatkan tiket pesawat murah, Anda barus rajin-rajin berselancar di dunia maya. Pasalnya, beberapa maskapai penerbangan sekarang semakin memaksimalkan pemesanan tiket online.

Selain itu Anda juga bisa mendatangi travel fair yang diselenggarakan oleh beberapa maskapai penerbangan. Dalam event seperti itu, biasanya pihak maskapai banyak menawarkan promo liburan/perjalanan.

20 Persen untuk Penginapan Liburan

Nomor dua terpenting yang harus direncanakan dalam liburan keluarga adalah biaya penginapan. Alokasikan besarnya 20% dari total anggaran liburan Anda. Carilah penginapan melalui internet sebelum berangkat, sehingga Anda bisa mengestimasi biaya yang akan dikeluarkan.

Jika Anda akan lebih banyak berada di luar kamar, tidak ada salahnya memilih penginapan yang bertipe bed & breakfast. Tipe hotel ini memberikan harga lebih murah ketimbang hotel berbintang.

15 Persen untuk Makanan

Kulineran adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan selama liburan. Anda pasti ingin mencicipi makanan khas destinasi yang Anda kunjungi, bukan?

Untuk keperluan ini, alokasikan biaya makan sebesar 15% dari seluruh anggaran liburan keluarga Anda. Biaya makan harus dicadangkan sebanyak biaya makan satu hari, yang dikali jumlah dari hari selama Anda berlibur.

Apabila tempat liburan Anda membutuhkan waktu tempuh kurang lebih sehari, perlu Anda persiapkan biaya makan selama perjalanan tersebut.

15 Persen untuk Rekreasi

Tujuan utama berlibur ke suatu tempat pasti obyek wisatanya, bukan? Tetapkanlah anggaran untuk rekreasi, kemudian sesuaikan dengan tujuan atau tempat rekreasinya. Apabila biaya ke tempat rekreasi itu ternyata di luar anggaran rekreasi, sebaiknya mencari alternatif tempat lain yang tak kalah menarik.

Untuk meminimalisir biaya keuangan saat liburan, sebaiknya Anda mendatangi tempat rekreasi yang baru dibuka.

15 Persen untuk Oleh-Oleh

Sebaiknya Anda membuat daftar siapa saja yang akan dibagi oleh-oleh. Karena tidak mungkin Anda membelikan semua orang yang Anda kenal karena akan membuat pengeluran membengkak. Dengan daftar tersebut, Anda bisa lebih fokus dalam membuat perencanaan keuangan liburan.

10 Persen untuk Biaya Tak Terduga

Biaya cadangan ini untuk menghindari kurangnya dana liburan, yang sudah dianggarkan karena ada kejadian tak terduga selama liburan. Rifanfinancindo.

 

 

 

Sumber : Liputan 6