PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Berwirausaha Sesuai Passion, Trik Pertahankan Usaha

Selasa, 21 Oktober 2014

 

Di zaman yang serba maju sekarang ini, banyak cara dan berbagai peluang untuk Anda dapat menjalani usaha atau mencari penghasilan tambahan. Maka dari itu, tak hanya lelaki saja yang mampu menjalankan bisnis dengan baik, kini banyak wanita aktif di Indonesia yang tidak mau ketinggalan akan gaya hidup masyarakat perkotaan yang mulai senang dengan menjalani usaha.

Tetapi ada satu permasalahan utama yang sering datang menghampiri para pebisnis pemula, yaitu mudah bosan. Kerap kali, banyak orang khususnya anak muda suka berganti-ganti bisnis karena tidak melihat profit yang nyata atau malah hanya mengikuti tren yang ada. Dalam menjalani bisnis, kunci utama yang harus selalu diingat adalah bidang bisnis yang digeluti merupakan dunia yang memang diminati atau sesuai dengan passion Anda.

Pada Hoolahopers talkshow kali ini, House of Perempuan atau Hope dengan para inspiring speakers akan mengupas lebih dalam tentang bagaimana berwirausaha sesuai dengan passion. Dengan menghadirkan narasumber yang muda dan sukses seperti Andra Dea Owner dari Tea Spa dan Allysa Hawadi, salah satu Make Up Artist Profesional, dan bagaimana cara mengelola cashflow keuangan yang baik dan benar oleh Aidil Akbar sebagai Finacial Planner Expert.

Aidil Akbar bersama menginspirasi dan memberikan tips wirausaha/ copyright by Vemale.com

“Saat ini udah banyak ya wanita-wanita muda yang menjalani usahanya, cuman kadang-kadang musiman, yang hanya mengikuti tren saja. Sayang banget, mendingan dilanjutkan dan jangan berhenti,” tutur Aidil Akbar, di Gunawarman Jakarta Selatan Sabtu 18 Oktober 2014 lalu.

“Menjalani bisnis,” lanjut Akbar, “tidak masalah melakukan kesalahan selama delapan kali atau bahkan lebih. Tetapi dari kesalahan itu pula, sambil evaluasi mana langkah yang salah yang harus dibenari kembali. Sehingga Anda bisa menjalankan usaha sampai sukses.”

Talkshow seputar membangun dan menjalani wirausaha/ copyright by Vemale.com

Berikut ini catatan penting yang harus Anda ingat bahwa kesalahan yang sering dilakukan banyak orang dalam menjalani bisnis menurut Aidil Akbar:

Pertama: Terlalu fokus kepada produk atau jasa
Cari dahulu pasarnya, karena apabila modal uang Anda terbatas, lebih baik cari jualan yang memang ada pasarnya. Kebanyakan orang fokus pada produk canggih atau yang lain daripada lainnya tapi tidak bisa dipakai dan tidak ada pasarnya, maka tidak akan jalan usaha Anda.

Kedua: Bisnis plan terlalu canggih
Lebih baik bisnis jalan saja dulu sambil berjalan sambil dibenerin konsep yang Anda pikirkan. Apalagi bisnis-bisnis yang musiman jalani saja dulu. Kalau terlalu canggih pasti tidak akan berjalan lancar.

Ketiga: Kebanyakan dari Anda takut untuk memulai
Dalam berbisnis bisa bikin delapan kali kesalahan, kegagalan pasti terjadi tapi tetap harus dievaluasi.

Keempat: Terlalu berani memulai. Menjalani usaha tidak hanya mempunyai modal saja bisa jalan, paling tidak harus pakai hitung-hitungan dasar dari modal awal yang Anda keluarkan serta pemasukannya.

Kelima: Menempatkan seluruh dana pada bisnis baru. Bila mempunyai modal Rp. 10.000.000 lebih baik jangan Anda habiskan semuanya, lebih baik dibagi dan carilah partner yang bisa diajak kerjasama oleh Anda, agar uang tidak habis begitu saja.

Aidil Akbar membagi tips wirausaha/ Copyright by Vemale.co

Aidil Akbar membagi tips

“Nomor satu, cari jenis usaha yang jangan musiman, mulai dengan modal yang kecil dan cari networking untuk menjalani bisnis Anda agar berjalan,” tutuo Akbar dengan memberikan tips kepada Vemale.

Nah itu dia Ladies beberapa trik yang diberikan Aidil Akbar agar Anda tidak melakukan kesalahan. Selamat mencoba ya!